Diancam Bupati Akan Dikasuskan, Pengemplang Mulai Melunasi

0 163

 

 Kasi Penyuluh Heru Sumaryoto
Kasi Penyuluh Heru Sumaryoto

 

INFOWONOGIRI.COM – KOTA-Ancaman Bupati Wonogiri Joko Sutopo akan memperkarakan secara hukum jika pengemplang tidak segera mengembalikan dana PUAP. Ancaman tersebut cukup efektif.

Dalam kurun waktu belum genap sebulan, sebagian pengemplang mulai mengembalikan. Dari total 69 Gapoktan se Kabupaten Wonogiri yang mengalami kemacetan, kini sudah ada sekira 20-an yang sudah melunasinya.

Diharapkan, sampai akhir April mendatang bisa 100 % lunas. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Wonogiri, Safuan melalui Kasi Penyuluh Heru Sumaryoto, mengemukakan, peringatan bupati itu disampaikan pada 9 April lalu. “Cukup efektif juga. Begitu bupati mengancam akan menangani secara hukum bagi gapoktan yang macet, efeknya langsung lancar,” kata Heru Rabu (29/3/17)

Sejak saat itu Dinas Pertanian membentuk tim internal untuk menangani kemacetan dana hibah dari pemerintah pusat untuk 69 Gapoktan se Kabupaten Wonogiri. Tim dibagi per-wilayah Kecamatan. Melibatkan Dinas, Penyuluh dan Kejaksaan.

Tim turun menginventarisir dana bergulir itu, yang masing masing Gapoktan menerima Rp 100 juta. Dari hasil pendataan sementara, ke 69 Gapoktan mengalami macet. Tingkat kemacetanya berfariasi, antara 50 – 75 persen dari dana hibah, yang bergulir sejak 2008-2015.

Penyebab kemacetan, bermacam-macam. Karena anggotanya, pengurusnya, bahkan ada yang dipinjam Perangkat Desa seperti terjadi di Nguntoronadi, Paranggupito, Tirtomoyo, Jatiroto, Kismantoro, Sidoharjo dan Batuwarno. Beberapa wilayah tersebut disebut sebagai zona merah. Karena tingkat kemacetanya paling parah.

Di Sidoharjo, disebut-sebut ada Ketua Kelompok meminjam sebesar Rp.28 Juta. Padahal sesuai aturanya maksimal satu anggota/pengurus meminjam Rp.2 juta.

Heru menambahkan, manakala hasil investigasi di lapangan ditemukan pelanggaran pidana atau korupsi, maka pihaknya sepakat akan melimpahkan masalah ini ke Kejaksaan dan atau ke Kepolisian. (b5iw)

error: Content is protected !!