Banyak Pelaku Usaha Belum Kantongi Andallalin

0 251
pengecekan penerapan Andalalin
pengecekan penerapan Andalalin

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Mayoritas pelaku usaha di Wonogiri belum mengantongi rekomendasi Analisis Dampak Lalulintas (Andallalin) dari pemerintah setempat. Padahal Andalalin telah diatur dalam pasal 99 dan pasal 100 UU Nomor 22 Tahun 2009.

di Kabupaten Wonogiri tercatat baru ada beberapa pelaku usaha yang telah mengantongi rekomendasi Andallalin, padahal ada ribuan pelaku usaha yang berada di tepi Jl Provinsi dan Kabupaten.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Wonogiri Ismiyanto, melalui Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Tri Haryono mengemukakan Andalalin adalah kajian kelayakan terhadap dampak lalulintas dari setiap kegiatan atau usaha. “Di Wonogiri baru 6 perusahaan,” kata Tri Haryono.

Kamis (16/3) pejabat Dinas Perhubungan Provinsi Jateng, Bina Marga Provinsi, Kabupaten Wonogiri, Dirlantas Polda Jateng dan Satlantas Polres Wonogiri mengecek pembangunan Gapura Perumahan Graha Sejahtera Jatibeduk Wonogiri.

“Setiap rencana pembangunan pusat kegiatan permukiman dan infrastruktur yang bisa menimbukkan gangguan keamanan, keselamatan ketertiban dan kelancaran lalulintas dan angkutan jalan wajib dilakukan andallalin,” kata Tri. Pelaku usaha yang tidak melengkapi Andalalin bisa disanksi administrasi sampai dicabut izin usahanya.

Pelaku usaha PT Utama selaku pengembang Perumahan Graha Sejahtera di Wonogiri, Nguntoyo mengaku sedang mengajukan. Beberapa tahapan perijinan telah dipenuhi. Antara lain ijin Tata Ruang (TR), Ijin Lingkungan (HO), Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), Ijin Peruntukan Pemanfaatan Tanah (IPPT) dari Kantor Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sudah dikantongi.

Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalin Dishub Provinsi Jateng, Eka Priambodo mengatakan pengawasan kewenangan setiap daerah. Prinsipnya, kata Eka, setiap pengusaha wajib memiliki Andallalin.

Pelaku usaha wajib melebarkan pertigaan jalan, agar bisa untuk menauver kendaraan, memasangi pita kejut sebelum pertigaan dan melengkapi rambu-rambu jalan dan atau lampu peringatan. (baguss)

 

error: Content is protected !!