Tiga Talud Pabrik Kertas Runtuh Bendung Bengawan Solo

0 239
TKP tiga talud PT PPI yang runtuh. Berdirinya pabrik produksi kertas ini belum mengantongi ijin, namun investor nekad mendirikan bangunan itu.

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Peringatan dari berbagai pihak, bahwa pembangunan PT. PPI Pabrik Kertas di Dusun Timang Desa Wonokerto Kecamatan Wonogiri rawan merusak alam, terbukti. Belum selesai dibangun saja, sudah mengakibatkan bencana.

Tiga talud masing masing sepanjang 60 meter x tinggi 4 meter runtuh, belum lama ini. Reruntuhan ketiga talud tersebut sempat membendung Sungai Bengawan Solo, sesaat. Peristiwa terjadi sekira pukul 15.00 WIB. Saat itu tidak terjadi hujan.

Tiba tiba, tiga talud itu runtuh. Pondasi dan reruntuhan talud jatuh terhempas ke sungai Bengawan Solo. Air permukaan sungai Bengawan Solo saat itu deras (karena pintu pelimpasan Bendungan Serbaguna Waduk Gajah Mungkur terbuka).

Praktis mengakibatkan air sungai terhempas bagaikan ombak di lautan. Dampaknya seorang petani dan seorang pemancing di seberang sungai terhempas sejauh 50 meter, demikian juga dua unit sepeda motornya yang diparkir di dekatnya.

“Talud di sisi utara Sungai Bengawan Solo. Saya di sisi selatan Sungai. Saya terhempas lebih dari 50 meter. Untung selamat. Sepeda motor saya sempat hilang. Lima hari baru ditemukan,” kata Gimo (65th) warga Timang Tanjungrejo Kecamatan Nguter Sukoharjo.

Sepeda motor yang sempat hilang Honda Supra 125 Nopol F 2257 UT atas nama Parwoto, anaknya. Korban kedua, Parmin warga Desa Laban Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar, dan sepeda motor Honda Revo Nopol L 4692 CY miliknya.

Runtuhnya talud PT Prima Parkuet Indonedia (PPI) terjadi Selasa (7/2/17). Dua unit sepeda motor baru ditemukan Sabtu (11/2/17). Ditemukan di hutan jati Alas Kethu oleh seorang pemburu lebah. Karena saking keras hempasan gelombang air itu.

Kata Gimo, ketinggian air mencapai belasan meter. “Gelombang airnya setinggi rumah tingkat,” kata Gimo didampingi istrinya. Akibat kejadian itu, Gimo mengalami kerugian. Sepeda motornya rusak. Lebih dari pada itu dia trauma. (baguss)

error: Content is protected !!