Pohon Jati Danyangan Jurang Gempal Diklaim Milik Warga Wonoboyo

0 245
Pohon jati setelah dirbohkan di bantaran Sungai Bengawan Solo wilayah Jurang Gempal Jatirejo Wonoboyo
Pohon jati setelah dirbohkan di bantaran Sungai Bengawan Solo wilayah Jurang Gempal Jatirejo Wonoboyo

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Setelah terjadi tarik ulur kepentingan antara Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo Kepentrian PUPR RI, Bina Marga Provinsi Jateng dan Warga Jatirejo Wonoboyo Wonogiri terhadap status kepemilikan satu batang pohon jati danyangan di Jurang Gempal Wonogiri, akhirnya pohon jati itu diklaim menjadi milik warga Jatirejo Wonoboyo Wonogiri. Dasarnya karena poho jati itu yang menanam adalah warga setempat.

“Menurut sejarahnya, yang menanam adalah warga Mojoroto Wonoboyo. Sehingga diputuskan kayu itu diminta penduduk Wonoboyo,” terang Carik disaksikan Kepala Kelurahan Wonoboyo, Noegik dan stafnya.

Hasil musyawarah Ketua RT dan RW se Wonoboyo membentuk “tim panitia” penjualan pohon kayu jati itu. Ditunjuk ketua dan penanggungjawab adalah Ketua RW 06 yaitu Edi Triono dan Kepala Kelurahan Wonoboyo (saat itu) Joko Prasetyo.

Kemudian kayu jati itu dijual kepada pengusaha kayu keturunan Thionghoa di Solobaru, bernama Kohwa melalui perantara asal Desa Pondok Kecamatan Ngadirojo bernama Katimin.

Setelah ditebang. Diukur diameter 200cm (dua meter), tinggi/panjang 5 meter. Diual Rp.100 juta. Dua cabang pohon berdiameter 20cm diminta RT 03 RW 06. Uang penjualan diterima tim. Kemudian diserahkan untuk 12 Ketua RW se Kelurahan Wonoboyo.

Masing masing menerima Rp.2,5 juta. Dari Ketua RW dibagikan ke sejumlah RT di wilayah setempat. Penggunaan uang tergantung kebutuhan RW/RT. Khusus RT 03 RW 06 dibantu Rp.15 Juta total menjadi Rp.17,5 juta untuk pembangunan Balai RT.

Sehingga total yang dibagikan ke RT sebanyak Rp.45 juta. “Selebihnya saya tidak tahu,” kata Carik. Sebab tidak ada Seurat Keputusan (SK) dan tanda terima. Sebab penunjukan panitia oleh Kepala Kelurahan, tidak resmi pemerintahan. (baguss)

error: Content is protected !!