Mengaku Reformis, Malah Merusak Sistem Tata Negara

0 116

 

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Betapa banyak orang mengaku paham tentang makna reformasi. Bahkan tak jarang anak bangsa mengaku reformis.

 
Tetapi tidak sedikit dari mereka yang ternyata justru merusak sistem tata pemerintahan. Merusak konstitusi negara. Karena reformasi mereka keluar dari rel. Alias reformasi kebablasan.
Hal itu terungkap pada acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Juga disampaikan materi GBHN, di Brumbung, Selogiri Wonogiri, Rabu (15/2/17) .

 
Hadir sebagai pemateri Anggota MPR-RI Hj. Endang Maria Astuti SAg.SH.MH selaku wakil rakyat dari Dapel Kabupaten Wonogiri, Karanganyar dan Sragen.

 
“Anak bangsa yang mengaku reformis justru merusak sistem tata kenegaraan kita. Reformasi harus sesuai Knstitusi negara, yaitu Pancasila dan UUD 1945,” kata Endang.

 
Reformasi itu bagus. Berarti akan menata ulang atau menformat ulang sistem tata pemerintahan yang menyimpang dari Pancasila dan UUD 1945. Tetapi reformasi tidak boleh bertentangan dengan dasar negara. Yaitu empat pilar kebangsaan RI.

 
UUD hasil perubahan menyimpang dari UUD 1945 dan bertentangan dengan pembukaan UUD 1945. Sementara UU yang sedang dibahas tidak disesuaikan dengan UU 1945 dan Pancasila.
Sila pertama, saling berkaitan dengan sila kedua, ketiga dan keempat. Masing masing sila tidak bisa berdiri sendiri. Sila ke empat tertulis “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”. Maknanya tentang pemilihan kepala daerah sampai presiden, sesua sila ke empat, semestinya diserahkan atau diwakilkan kepada wakil rakyat di MPR RI.

 
Contoh, tentang pemilihan kepala daerah secara langsung. Menurut Endang hal itu tidak dilandasi sila keempat.
Sistem demokrasi dalam pemilihan kepala daerah secara langsung bertentangan dengan sila keempat Pancasila. Memilih kepala daerah atau negara negara melalui perwakilan rakyat yang ada di MPR.

 
Sosialisasi Empat Pilar itu dihadiri ratusan peserta. Terdiri dari Toga Tomas dan perangkat Desa/Kelurahan di Kabupaten Wonogiri. (baguss)

error: Content is protected !!