Daun Pintu-pintu Kios Terminal Lama Dijarah

0 225
Kios-kios terminal induk Wonogiri (terminal lama) tampak tampa pintu-pintu. Pintu-pintu berbahan kayu jati itu raib, diduga dijarah atau dimaling orang takbertanggungjawab
Kios-kios terminal induk Wonogiri (terminal lama) tampak tampa pintu-pintu. Pintu-pintu berbahan kayu jati itu raib, diduga dijarah atau dimaling orang takbertanggungjawab

INFOWONOGIRI.COM-SELOGIRI-Terminal Induk Giriadipura dulu menjadi kebanggaan pemerintah dan masyarakat Wonogiri. Kini terminal Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Kabupaten (AKDP) itu tak terurus.Tak terawat.

Tidak terurusnya terminal Tipe-A itu telah berlangsung sejak sekira tiga-empat tahun silam. Menyusul berpindahnya terminal lama dari sekitar air mancur (Pancuran) ke terminal baru di Krisak Selogiri.

Setelah terminal baru ditempati, maka terminal lama dikosongkan. Ratusan pedagang kios, pedagang asongan, agen bus, tukang ojek dan rental dan lain-lainnya berpindah ke terminal baru.

Demikian halnya petugas parkir, petugas TPR, pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Wonogiri turut pindah. Akibat tidak difungsikannya terminal lama, makamenjadikan suasana sepi.

Halaman parkir bus lebih banyak kosong menganggur, kios-kios kosong. Halte, peron, dan ruang tunggu dibiarkan terbuka. Semua pintu kios-kios itu terbuka.Bolong melompong.

Menurut satu-satunya penghuni kios di terminal lama, pintu-pintu kios terminal berbahan kusen kayu jati. “Sudah pada hilang, dipreteli orang. Dibawa pulang. Dibilang maling ya maling. Karena yang ambil bukan pemiliknya. Mencurinya tidak malam hari, tetapi siang hari,” kata warga asli Gunung Kidul yang menempati salah satu kios untuk tempat tinggal bersama suami dan satu anaknya ini. (baguss)

error: Content is protected !!