99 Persen SMA, SMK MA, SLB Negeri & Swasta Siap UNBK

0 114
Rakor UNBK di SMKN 2 Wonogiri
Rakor UNBK di SMKN 2 Wonogiri

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Mulai tahun ini, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) wajib dilaksanakan oleh satuan pendidikan SMA/SMK/MA/SLB Negeri dan Swasta di Kabupaten Wonogiri.

Pada Kamis (2/2/17) dilaksanakan Rapat Kordinasi (Rakor) dan Sosialisasi pelaksanaan UNBK di aula SMKN 2 Wonogiri. Dihadiri Kepala (Balai Pengendalian Pendidikan Menengah Kejuruan) BP2MK Wilayah III Surakarta.

Kartono didampingi para stafnya. Peserta Rakor terdiri dari Kepala Sekolah SMA Negeri/Swasta, SMK Negeri/Swasta, MA Negeri/Swasta dan SLB Negeri/Swasta. UN tahun ini dilaksanakan berbasih komputer. Bukan berbasis peper (kertas/manual).

Semua sekolah harus melaksanakan UNBK. Menurut Kartono, SMA/K/MA/SLB hampir 100 persen siap melaksanakan UNBK.

“Ada 46 SMK Negeri dan swasta di Wonogiri. Satu SMK swasta tidak melaksanakan UNBK. Karena belum ada kelas tiganya. Satu SMK swasta menggunakan fasilitas lain, karena belum memiliki sarana prasara sendiri. Jadi 100 persen SMK siap melaksanakan UNBK,” kata Kartono.

Sedangkan untuk SMA Negeri dan swasta masih terdapat 4 lembaga pendidikan yang belum bisa melaksanakan UNBK secara mandiri. Tetapi bisa disiasati meminjam sekolah lain.

Standar menentukan kelulusan tidak lagi ditentukan UN. Tetapi berdasarkan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) di masing masing sekolah. Standar nilai kelulusan ditentukan sekolah masing masing. (baguss)

error: Content is protected !!