Pedagang Bakso Wonogiri Omset Sehari Rp.1 Juta

0 336


INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Kabupaten Wonogiri terkenal ke mana mana. Antara lain karena baksonya, Bakso Wonogiri.

Bakso Wonogiri dikenal khas. Rasanya beda dengan bakso dari kabupaten / kota lain. Salah satu pedagang bakso Wonogiri adalah Suprapto (56th) penduduk Desa Tanjung Kecamatan Bulukerto, Wonogiri.

Suprapto saat ini tinggal di Jl Dukuh No 5 Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan Surakarta. Saat ini Suprapto bekerja sebagai pedagang bakso. Dia jualan mangkal di pojok depan halaman masjid kawasan Kantor Samsat-UP3AD Surakarta.


Dia berjualan bakso di situ sejak tahun 2008. Sampai sekarang hampir 9 tahunan. Ternyata, dia berjualan di sana sangat laris. Begitu dia datang mangkal, maka calon pembeli langsung mengantri.

Dalam sehari dia rata-rata bisa menjual 100 mangkuk bakso. “Sehari dapat Rp.1 juta,” kata Suprapto. Tapi uang sebanyak itu masih akan digunakan untuk belanja lagi. Yaitu daging 5kg, dan bumbu-bumbunya.

Selain untuk belanja daging, dia juga harus “menyewa” lahan yang dia tempati, Rp.30 ribu setiap hari. Ongkos sewa lahan itu diberikan kepada pengelola kantin Samsat Surakarta. Dia juga dibantu seorang tenaga kerja, yaitu anaknya sendiri, Zaenal Abidin (30th).

Maklum harga yang ditawarkan relatif tidak mahal. Hanya Rp.10.000 permangkuk. Anda sudah mendapatkan satu mangkuk mei bakso. Anda bisa memilih mie putih (susun) atau mie kuning lengkap dengan bumbu-bumbunya.

Baksonya terdiri dari dua butir bakso besar, seukuran bola pingpong, sedikit lebih besar dan dua butir bakso ukuran kecil, serta ditambahi dua iris tahu. Lengkap bukan?

Suharno, salah satu pembeli asal Bayat Kabupaten Klaten, mengakui enaknya bakso Wonogiri. “Wes neng ndie ndie Yen bakso Wonogiri mesti enak kuk. Aku itu loh, nek jajan bakso opo mie ayam, mesti tuku bakso Wonogiri. Wes murah enak,” kata Nyi Suharno mendampingi suaminya, seusai pajak mobil avansanya.[Baguss]

error: Content is protected !!