Menkumham Akan Tingkatkan Kelas Rutan Wonogiri

0 230

 

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Untuk kali pertama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) RI Yasona H Laoly mengunjungi Rutan IIB Wonogiri, Senin (30/1/17). Menkumham hadir bersama rombongan pada staf kementrian dan Kepala UPT Kanwil Jawa Tengah.

 

Setelah melakukan kunjungan ke dalam rutan, dan tempat tempat pembinaan narapidana, Yasonna mengatakan, Rutan II B Wonogiri layak ditingkatkan menjadi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas/LP). Karena situasi dan kondisi Rutan II B Wonogiri relatif kondusif, dan masih memiliki lahan yang cukup luas, 4,1 hektar.

 

“Sejarahnya kan LP (lembaga pemasyarakatan), itu ada. Sekarang di Soloraya tidak ada LP, semua Rutan. Wonogiri layak akan ditingkatkan statusnya dari Rutan menjadi LP. Arahnya nanti pembinaan ketrampilan produksi dan idustri bagi warga binaan. Sehingga ketika pulang sudah siap bermasyarakat,” kata politisi PDI-P ini.

 

Kepala Rutan Dodi Cahyadi melalui KPR Agus Susanto berharap Rutan II B Wongiri bisa naik kelas menjadi Lapas II Aatau setingkat lebih tinggi Lapas II B. Rutan Wonogiri layak. Karena memiliki lahan seluas 41.015 M2. Saat ini baru dimanfaatkan 9604m2 untuk bangunan. Sehingga masih terdapat lahan seluas 31.000 M2.

 

Namun sumberdaya manusianya masih minim. Tahun ada ada 6 pegawai yang memasuki masa pensiun. Untuk memenuhi standar keamanan Lapas IIB, satu regu jaga dibutuhkan 12-14 personil. Saat ini satu regu jaga 8 personil. Jika naik kelas paling tidak butuh pegawai dan anggota 150 personil. Husus petugas pengamanan standarnya 60 personil.

 

“Saat ini pegawai dan petugas keamanan ada 67, 35 diantaranya petugas pengamanan. Idealnya Lapas Kelas II B 60 petugas husus pengamanan,” kata Agus Susanto didampingi Haryanto. Menteri dan rombongan kontrol bangker yangdigunakan produksi kerajinan tangan,koperasi, ruang medis, kolam ikan lele, penggemukan sapi, kambing, ayam dan itik. (baguss)

error: Content is protected !!