Kajari & Karutan Dilaporkan ke Polisi

0 285
Heru Notonegoro
Heru Notonegoro

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Kepala Kejakasan Negeri Wonogiri Tri Ari Mulyanto dan Kepala Rutan II B Wonogiri Cahyadi dilaporkan ke Polres Wonogiri. Pelapornya adalah Heru Notonegoro pengacara terpidana kasus pencabulan terhadap anak sekolah Adi Winarno warga Dusun Batu Lor RT 03 RW 17 Baturetno Wonogiri.

Laporan disampaikan Heru Notonegoro pada Rabu (21/12) ke Polres Wonogiri. “Kajari dan Kepala Rutan sudah resmi saya laporkan ke Polres. Saya sendiri yang melaporkan. Ini bukti tertulis penerimaan laporan saya,” kata Heru S. Notonegoro di kantor PN Wonogiri. Selain melapor ke polisi, menggugat Kajari dan Karutan secara perdata, ganti rugi Rp.5 milyar.

Dalam surat tanda terima laporan, Kajari dan Karutan dinilai melakukan tindak pidana menyekap atau merampas hak kemerdekaan Adi Winarno. Perbuatan Kajari dan Karutan dinilai melanggar pasal 333 KUHP, penyalahgunaan kekuasaan pasal 421 KUHP, Kolusi pasal 1 ayat 4 UU RI nomor 28 tahun 1999 sesuai laporan polisi nomor LP/B/XII/2016 diterima Aiptu Sawal.

Dijelaskan Heru penyekapan terhadap kliennya dilakukan di Rutan II B Wonogiri, selama tiga bulan. Adi Winarno ditahan karena dituduh mencabuli 8 muridnya. Adi divonis bersalah melanggar pasal 82 UUPA nomor 35 tahun 2014 junto pasal 64 ayat 1 KUHP, tentang Perlindungan Anak.

Penyekapan itu, versi Heru, karena masa penahanan Pengadilan Tinggi (PT) Semarang telah berakhir 27 September 2016. Perkara itu telah diputus oleh PT Semarang dengan hukuman 6 tahun pidana penjara, atau dua tahun lebih ringan dari pada putusan Pengadilan Negeri Wonogiri yang memvonis Adi Winarno 8 tahun penjara.

Menurut Heru, seharusnya sejak 28/9/16 sampai Kajari dan Karutan dilaporkan Adi Winarno tidak perlu ditahan, karena masih mengajukan kasasi. Faktanya Adi Winarno tidak dibebaskan baik oleh Kajari maupun Karutan. Kajari dan Karutan dinilai menyalahi hokum dan melanggar asas profesionalitas, kepastian hukum, UU No 28 Tahun 1999, HAM, KUHP dan Hukum Acara Pidana. Tanggapan Kajari baca berita anggle lain. (baguss)

error: Content is protected !!