Tiga Saudara Kakak Rebutan Tanah Warisan 28.000 Meter Persegi

0 182
Sidang perdata dengan pemeriksaan saksi kasus rebutan tanah warisan seluas 44.000 meter persegi (4,4 Hektar) di PN Wonogiri.
Sidang perdata dengan pemeriksaan saksi kasus rebutan tanah warisan seluas 28.000 meter persegi di PN Wonogiri.

INFOWONOGIRI.COM-SELOGIRI-Rebutan tanah warisan nenek moyang melibatkan tiga saudara kakak beradik di wilayah Ketos, Paranggupito Wonogiri.

Kasus ini selain melibatkan tiga anak, juga melibatkan pejabat pemerintah dan perhatian para penegak hukum. Sidang sudah 15 digelar pada Rabu (16/11/11). Sebelumnya puluhan kali dimusyawarahkan keluarga, di Kantor Desa Ketos, di Kec. Paranggupito, dan di Kantor Badan Pertanahan Wonogiri. Namun tidak pernah ada kesepakatan. Sehingga kasus ini sampai ke meja hijau. Untuk menentukan keadilan.

Sidang dipimpin ketua majlis Marliyus MS. SH.MH didampingi hakim anggota Siwi Rumbar Wigati SH dan Ni Kadek Ayu Kusumadewi SH.

Terungkap, tanah yang diperebutkan terletak di Josari di wilayah Dusun Nglarang Desa Ketos Kecamatan Paranggupto. Luasnya mencapai 28.000 meter persegi. Status tanah belum sertifikat hak milik (SHM), baru sebatas petuk (leter) C.

Ketiga pihak bersengketa adalah Mukiman (penggugat), Misman (tergugat) dan Paiman sebagai saksi. Tergugat II Kades Ketos Semi, Tergugat III Camat Paranggupito Haryanto dan turut Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Wonogiri yang dikuasakan kepada Kepala Seksi Sengketa Konflik Perkara Heru Eko Marwoto.

Penggugat didampingi Penasehat Hukum Irwan dari Semarang. Sedangkan pihak tergugat menguasakan kepada Kantor Kusuma dan Partner Mahesa Jati Kusuma SH.MH dan Api Nugroho Setyo Putro SH asal Solo

Para tergugat hadir. Sedangkan penggugat tidak hadir. Para keluarga kedua belah pihak juga turut hadir memenuhi ruang utama sidang. Baik sebagai saksi, atau menyaksikan.

Sejarahnya tanah tersebut adalah milik Karyosemito (alm) mantan Kadus Ketos. Karyosemito tidak mempunyai anak keturunan satupun. Sehingga dia mengadopsi tiga anak lelaki. Ketiga anak angkat diadopsi dari saudara Karyosemito. Sidang masih pemeriksaan saksi-saksi. (baguss)

error: Content is protected !!