Terjadi Mal Administrasi 3 Tahun di Sendangagung

0 130
 TP4D dan Kabag Pemdes memeriksa proyek Desa Sendang Agung Giriwoyi Wonogiri
TP4D dan Kabag Pemdes memeriksa proyek Desa Sendang Agung Giriwoyi Wonogiri

INFOWONOGIRI.COM-GIRIWOYO-Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Wonogiri menemukan bukti nyata telah terjadi mal administrasi pada pemerintahan Desa Sendangagung Kecamatan Giriwoyo. Tidak tangung-tanggung, mal administrasi itu terjadi selama kurun waktu tiga tahun.

Temuan itu diketahui pada Jumat (11/11/16) ketika TP4D melakukan kroscek dengan Kepala Desa dan perangkatnya di kantor Desa Sendangagung. Kroscek disaksikan anggota TP4D dan Kabag Pemdes Sriyono beserta stafnya, Ketua dan Anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) setempat.

Mal (kesalahan) adimistrasi itu selama tiga tahun berturut turut, Laporan Pertangungan Jawan (LPj) Kades Sendangagung tidak pernah ditandatangani Ketua BPD. “Mulai tahun 2013, 2014 dan 2015 LPJ Kades tidak ada tandatangan Ketua BPD,” kata Triyanto Ketua TP4D yang juga Kepala Seksi Intelejen Kejaksaan Negeri Wonogiri.

Menurut Triyanto, setiap LPJ Kades harus atas sepengetahuan Ketua BPD. Jika tidak ditandatangani Ketua BPD, maka SPJ Kades tidak sah. BPD adalah perwakilan masyarakat Desa setempat. Sekaligus sebagai penyambung aspirasi mayarakat dusun/desa setempat.

Kades Sendangagung Sukadi langsung dikonfirmasi anggota TP4D. Sukadi mengakui tidak pernah meminta tandatangan Ketua BPD selama tiga tahun pembuatan LPJ.

Ketua BPD Suripto mengatakan, dirinya dan anggotanya tidak pernah diundang dan dilibatkan pemerintah Desa Sendangagung. “Tidak pernah diajak rapat mas,” kata Suripno.

Sebaliknya Kades Sukadi justru membalikkan fakta, seharusnya yang berinisiatif menggelar rapat adalah BPD. Kades dan perangkatnya sebagai tamu. “Kita gak pernah diajak sidang. Seharusnya BPD yang mengundang. Kita pernah undang BPD tapi juga gak pernah datang. Kalau datang pas ngambil tunjangan saja,” katanya. (baguss)