Proyek Sumur Pantek Giriwoyo Dipertanyakan

0 116
Sumur Pantek Di Giriwoyo
Sumur Pantek Di Giriwoyo

INFOWONOGIRI.COM-GIRIWOYO-Proyek sumur di Desa Sendangagung Kecamatan Giriwoyo dipertanyakan masyarakat setempat.

Seperti dikemukakan Midin (54th) warga Danan 02/08 dan Sumarto (75) warga Danan 05/08. Proyek itu telah selesai dikerjakan. Namun tidak bisa dimanfaatkan maksimal.

Pantauan langsung dari lokasi, sumur itu berbentuk sumur pantek yang dipasangi paralon. Pemanfaatannya untuk pengairan sawah padi. Caranya harus menggunakan mesin sedot air. Faktanya debit airnya kecil.

“Untuk mengairi sawah 2000 meter, saya menghabiskan 32 liter bensin. Kan tidak cocok. Ora panen malah bangkrut,” kata Midin.

Midin dan kawan-kawan, mengaku mendapatkan informasi, dana untuk sumur pantek itu Rp.15 juta dari APBD Kabupaten Wonogiri. Tapi disebutkan, hanya diserahkan ke Desa hanya Rp.11 Juta. Bahkan menurut Midin dari Rp.11 juta itu hanya dibelanjakan Rp.8 juta untuk bayar jasa tukang bor.

Camat Giriwoyo H. Sariman didampingi stafnya, Nurul, mengatakan, proyek sumur pantek itu dibangun dari dana aspirasi Dewan Dapil 5. Pada tahun 2016 ada dua titik di Gambiranom. Pertitik masing-masing Rp.15 Juta. Tahun 2015 ada dua titik di Desa Tawangharjo. Pertitik Rp.20 Juta.

“Kita hanya menfasilitasi, sumber dana dari Bagian Pembangunan melalui Dana Aspirasi. Dana itu langsung ke kas desa,” kata Sariman

Sementara anggota dewan asal Giriwoyo sudah dihubungi namun tidak merespon. (baguss)