Pembangunan Jembatan Garon Disoroti Warga

0 220
Proses pembangunan jembatan Sungai Garon Kaliancar Selogiri Wonogiri
Proses pembangunan jembatan Sungai Garon Kaliancar Selogiri Wonogiri

INFOWONOGIRI.COM-SELOGIRI-Di Lingkungan Brajan RT 01 RW 05 Kelurahan Kaliancar Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri sedang dibangun jembatan Sungai Garon.

Pembangunan telah dimulai sejak tanggal 10 Oktober lalu sampai 70 hari ke depan. Jembatan ini untuk menghubungkan Lingkungan Brajan  ke Lingkungan Garon. “Sebelumnya tidak ada jembatan. Ini dibuatkan jembatan baru, untuk menunjang kebutuhan masyarakat. Bisa dibilang ini jembatan terobosan,” kata warga setempat.

Hartono, warga setempat menyoroti pembangunan tersebut. Pertama proses pondasi sayap jembatan dinilai tidak sesuai teknis.

Material batu dan campuran hanya dilemparkan dari atas tanggul ke lubang calon pondasi. Sehatusnya lubang galian pondasi steril dari air.  Baru dilakukan pemasangan batu dan pasir campuran. “Lah ini ngawur, airnya tidak dikuras, batu dan adukan langsung dilempar-lemparkan,” kata Hartono. Soal papan informasi proyek tersebut juga tidak ada.

Terpisah, Jarno selaku mandor dan Katno selaku tenaga teknis menolak disebut ngawur dalam menggarap proyek itu. Air selalu dikuras. Batu dan pasir adukan ditata. Terkait teknis material batu dilemparkan, hanyalah soal cara mempermudah pekerjaan.

“Orang pasang pondasi, kan sebelum dijereng, material ditumpuk dulu, baru dikerjakan. Belum apa-apa sudah dibilang ngawur,” kata Jarno.

Mengenai papan informasi proyek tersebut, katanya sudah dipesankan, namun belum dicetak. Dijelaskan, proyek ini didanai Rp.250 Juta dari APBD Kabupaten Wonogiri tahun anggaran 2016.

Dikerjakan oleh CV Biar Jaya Baturetno. Nam kegiatan Proyek Pembangunan Jembatan Penunjang Masyarakat. Volume Lebar 3m x panjang 10 m. Tinggi 2,5 meter. Sayap jembatan ada 2 timur dan barat, ukuran tinggi 2,5 m x panjang 5 m, ketebalan 30 Cm. (baguss)

error: Content is protected !!