Nanda Rian Raih Juara Nasional

0 214
Nanda Rian Pratiwi
Nanda Rian Pratiwi

INFOWONOGIRI.COM-PRACIMANTORO-Nanda Rian Pratiwi (14 Tahun), siswi SMPN 1 Pracimantoro Wonogiri ini dinobatkan sebagai juara II tingkat nasional Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) 2016 di Jakarta, 25-29 September 2016.

Kunci suksesnya? Dia mau menimba pengalaman dan belajar dari Guru Besar. Meski anak desa, dia tanpa minder, tanpa malu demi memperoleh ilmu. Ini dilakukan saat istirahat makan di sela-sela acara lomba. Hasilnya ternyata cukup menakjubkan.

Judul penelitiannya: Seni Srandul sebagai alat pemersatu masyarakat di kawasan kars Pracimantoro Wonogiri. Putri Bapak Nanto kelahiran 1 November 2002 dari Dusun Balong Desa Glinggang Pracimantoro ini mampu menyisihkan 34 peserta finalis nasional pada Bidang IPS Kemanusiaan dan Seni. Anak petani ini memang rajin membaca buku,  Dia memiliki lafal dan intonasi yang bening. Saat presentasi di hadapan Dewan Juri, Nanda sangat percaya diri dalam mengungkapkan ide penelitiannya tentang seni srandul.

Dalam lomba LPSN SMP tingkat nasional tahun 2016,  Nanda memperoleh juara II, medali perak, dan uang pembinaan. Dia mendapatkan fasilitas naik pesawat Garuda dan menginap di hotel berbintang lima secara gratis. Juga wisata ke Taman Mini Jakarta bersama 102 finalis se-Indonesia. Prestasi Nanda di sekolahnya juga sangat baik. Aktivis Pramuka ini pernah meraih juara Lomba Baca Puisi dan Geguritan tingkat Kabupaten Wonogiri tahun 2014 dan 2015. Anaknya sederhana, polos, dan sangat bersahaja. Selamat Nanda, semoga sukses meraih cita-cita. (aab-ganteng)

error: Content is protected !!