Lamaran Salman Alfarisi Ditolak, Ini Pelajaran

0 172

picsart_10-22-08-43-15
INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Salman Alfarisi, salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW, pernah ditolak ketika melamar gadis pribumi di jazirah Arab.

Padahal selain ganteng, jujur dan cerdas, Salman Al Farisi adalah pemikir dan pengatur strategi Perang Khondak di jaman Muhammad sebagai Pemimpin Umat Islam.

Tetapi, justru wanita yang dilamarnya menginginkan suruhan/utusan Salman Alfarisi menjadi suaminya. Siapakah mak’comblang (istilah jaman sekarang) Salman Al Farisi. Ternyata dia adalah Abu Dardak, yang juga sahabat nabi.

Singkat cerita, wanita semlohe dan sholehah itu akhirnya menikah dengan Abu Dardak. Kegagalan Salman Al Farisi tidak jadi soal.

Tapi pada suatu ketika, Salman Alfarisi bertamu di rumah Abu Dardak. Ternyata diketahui wanita itu sudah tidak seperti ketika belum dinikahi Abu Dardak. “Wanita itu tidak pantas dan tidak sedap lagi dipandang mata,” kata Ust H. Tri Asmoro, ketika ceramah Keluarga Sakinah, di masjid Al Hafsoh kawasan Ponpes Ma’had Ali Pokoh Wonogiri, Sabtu (22/10/16).

Topik malam ini, adalah “Ajaklah Keluargamu ke Syurga”. Setelah dikupas ternyata, Abu Dardak lebih mencintai Allah dari pada Isttrinya. Waktunya habis untuk ibadah wajib, sunah, baik sholat maupun puasa. Sehingga Abu Dardak tidak pernah ngopeni istrinya. Istrinya kemudian hilang semangatnya mengurus diri.

Lalu Salman Alfarisi menegur Abu Dardak. Intinya agar Abu Dardak membagi waktu untuk istri, diri sendiri dan Allah. Abu Dardak kemudian melaporkan ke Nabi Muhammad. Ternyata Rosulullah membenarkan, Salman Alfarisi. (baguss)

error: Content is protected !!