Jaksa Masuk Sekolah

0 111
Ummu Hasanah
Ummu Hasanah

INFOWONOGIRI.COM-PROFIL-Ummu Hasanah adalah salah satu pengacara negara, atau yang lebih dikenal dengan sebutan jaksa. Jika dalam forum persidangan biasa disebut Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Wanita berusia 27tahun ini, biasa dipangil Hana. Hana mulai bertugas di Kantor Kejaksaan Negeri Wonogiri sejak tahun 2014. Wanita asal Klaten ini adalah jaksa fungsional yang mendapatkan tugas “khusus” sebagai Jaksa anak-anak. Menangani perkara pidana umum dengan terdakwa maupun korban anak-anak, Hana-lah jaksanya.

Apa kata wanita kalem yang tinggal di Wonokarto Wonogiri ini, terkait maraknya kasus pelecehan seksual anak-anak. “Itu fenomena gunung es,” katanya.

Bahwa kasus yang sesungguhnya terjadi lebih banyak dari pada yang disidangkan. Apalagi begitu luasnya Kabupaten Wonogiri, yang didominasi wilayah perdesaan.

Untuk itu, salah satu tugas dan tanggungjawab pengacara negara adalah menekan dan memberantas segala bentuk kejahatan terhadap anak-anak. Caranya ada dua, melalui pendekatan prefentif dan represif.

Prefentif itu antara lain Jaksa Masuk Sekolah (JMS). JMS melakukan sosialisasi hukum/UU di setiap sekolah. Pesertanya guru dan murid.

Represif itu apapun kasusnya harus disidang, agar menimbulkan efek jera. “Pelaku yang terbukti bersalah harus dihukum setimpal, agar ada efek jera,” kata pengantin baru yang pernah tugas sebagai jaksa di Tabanan Bali dan di Banjarbaru Kalsel ini. (baguss)

error: Content is protected !!