Heru SN; Ekskusi Kejari Bodong

0 152
Heru S Notonegoro
Heru S Notonegoro

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Penasehat hukum Adi Winarno, Heru S. Notonegoro (HSN) menilai pernyataan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri dan Kepala Rutan Wonogiri bohong. Bahkan Heru SN menilai ekskusi terhadap perkara Adi Winarno bodong.

Itu disampaikan HSN melalui rilisnya kepada IW, Kamis (20/10).  “Kajari dan Karutan menyatakan klien kami telah dieksekusi. Itu kebohongan publik. Sulit dipertanggungjawabkan secara hukum dan moral,” kata HSN.

Kajari dan Karutan dituding sengaja mengelabuhi masyarakat untuk mengalihkan masalah penyekapan Adi Winarno, yang tlah berjalan sejak Kamis (29/9/16) s/d Kamis (20/10/16) ini.

Penahanan terhadap Adi Winarno dianggap tidak ada dasar hukumnya. “Jelaskan dasar penahanan atau penyekapan terhadap Adi Winarno” tanya HSN.

Heru menegaskan putusan banding telah mengoreksi putusan PN Wonogiri dan telah menurunkan hukuman Adi Winarno yang semula 8 tahun menjadi 6 tahun. Putusan itu belum memiliki kekuatan hukum yang pasti dan mengikat, mengingat Akta Pemberitahuan putusan Pengadilan Tinggi (putusan banding) Nomor:208/PID.SUS/2016/PT. Smg jo No.33/Pid.SUS/2015/PN.Wng baru diterima Kamis (20/10) dari PN Wonogiri melalui PN Surakarta.

Maka sesuai pasal 245 (1) KUHAP Adi Winarno masih memiliki tenggang waktu 14 hari untuk menyatakan sikap atas putusan banding itu, apakah mengajukan Kasasi atau tidak.

“Jadi belum bisa dieksekusi. Jika Kajari dan Karutan menyatakan klien kami sudah dieksekusi adalah bohong karena eksekusinya memang bodong,” tegas HSN. (baguss)

error: Content is protected !!