Ditugasi Untuk Mengintai Wanita Hamil

0 208
Lasmari Kasi Kesehatan Keluargadan Gizi DKK Wonogiri
Lasmari Kasi Kesehatan Keluargadan Gizi DKK Wonogiri

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri ditugasi untuk melaksanakan kegiatan mengintai wanita hamil. Tugas tersebut diberikan kepada kader atau pemerhati kesehatan ibu dan anak, mulai di wilayah Dusun, Desa/Kelurahan, Kecamatan sampai di tingkat Kabupaten.

Tugas itu tertuang dalam slogan (tagline) Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (Jateng Sibuk Beraktifitas Mengintai Orang Hamil). Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri melalui Kepala Seksi (Kasi)Kesejahteraan Keluarga dan Gizi (Kesga Gizi) Lasmarimenyatakan slogan itu digagas Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

“Kita diperintahkan untuk menthelengi wong meteng,” kata Lasmari. Pengintai (petugas) wajib memberi tanda husus di depan rumah penduduk yang diketahui hamil. Biasanya tandanya dengan bendera atau mainan berbentuk burung. Contoh warna merahpertanda di rumah itu ada wanita hamil resiko tinggi. Warna hijau ada wanita hamil resiko baik (normal).

Tujuannya memberikan pelayanan kesehatan bagi wanita hamil sampai melahirkan. Dengan harapan wanita hamil bisa melahirkan dengan selamat, ibunya maupun bayinya. Target akhirmengurangi Angka Kematian Ibu (AKI) dan KematianAnak. (baguss)

error: Content is protected !!