Puskesmas Wonogiri I Maju Akreditasi Nasional

0 303

IMG-20160831-WA0011
INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Kantor Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Wonogiri I akan mengajukan program akreditasi nasional.

Puskesmas Wonogiri I menjadi salah satu dari lima Pukesmas di Kabupaten Wonogiri yang akan mengikuti tahap pertama uji akreditasi nasional, rencana pada Oktober mendatang.

Kepala Puskesmas Wonogiri I dr Pitut Kristianta Nugraha MM mengemukakan bahwa program kementrian kesehatan akreditasi nasional bagi puskesmas adalah wajib. Tujuanya standar pelayanan kesehatan di Puskesmas se Indonesia sama.

Semua Puskesmas akan dinilai oleh Kementrian Kesehatan. Namun waktu dan pelaksanaannya dilakukan secara bertahap.

Penilaian dilakukan di setiap kelompok kerja (Pokja) di masing masing Puskesmas. Antara lain Pokja Administrasi Manajemen (Admen), Kesehatan Lingkungan (Kesling), Promosi Kesehatan (Promkes). “Pola pikir sumberdaya manusia-nya juga akan dinilai,” kata Pitut. Targetnya adalah Akreditasi Paripurna (tertinggi).

Berikut lima Puskesmas yang maju akreditasi Nasional pada Oktober 2016. Wonogiri 1, Wonogiri 2, Baturetno 1, Eromoko 1, dan Giritontro. Empat Puskesmas lain pada bulan berikutnya, Nopember. Yaitu Selogiri, Purwantoro 1, Jatisrono 1, dan Jatiroto. (baguss)

error: Content is protected !!