Kabar Tambahan Kuota Haji 100.000 Jamaah Sebatas Isu

0 177

KELUAGA HAJI
INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Kabar beredar menyebutkan kuota jamaah haji Indonesia akan ditambah 100.000 orang pertahun. Tambahan tersebut akan berlaku mulai musim haji tahun depan, 2016. Diperkirakan jika benar diberlakukan, maka dalam jangka waktu 5th tidak akan ada antrian jamaah haji.

Kabar itu beredar di berbagai media on lien dan grup social media. Namun kabar itu tidak benar, dan dianggap “hoak” oleh Kementrian Agama Kabupaten Wonogiri.

“Tidak benar. Itu hanya issue, selagi kita tidak menerima surat keputusan dari Dirjen Haji Kementrian Agama, maka itu hanya kabar yang tidak mendasar,” kata Poniyanto mewakili Kasi Haji Kemenag Wonogiri H. Ali Yatiman.

Humas Kemenag H. Mursyidi menambahkan, kabar semacam itu sudah beberapa kali terjadi, pada tahun sebelumnya. Tetapi buktinya tidak pernah ada.

Tahun lalu, 2015, pernah beredar kabar Menteri dan Presiden RI menjanjikan akan menambah kuota haji tahun 2016, sebanyak 10.000 orang. Namun faktanya, pelaksanaan haji tahuin ini, tidak ada tambahan sama sekali. Sebelumnya juga pernah muncul kabar serupa. Tapi tidak pernah ada realisasi.

Kuota haji Indonesia tahun 2016 168.200 jamaah. Diantaranya 155 adalah haji reguler. “Kita belum berani menyampaikan ke jamaah. Sekali lagi tu isyu, belum ada buktinya,” tambah H. Mursyidi. (baguss)

error: Content is protected !!