Berburu Tiket Pesawat Murah Untuk Liburan Hemat

0 200
Ilustrasi tiket pesawat (Foto: Ist)
Ilustrasi tiket pesawat (Foto: Ist)

Kini semakin banyak orang yang melakukan perjalanan untuk berlibur. Liburan jadi salah satu obat mujarab untuk menepis kejenuhan. Udara segar maupun pemandangan indah di tempat wisata membuat Anda bisa jadi lebih segar kembali.

Namun, terkadang ada beberapa kendala yang membuat Anda membatalkan liburan. Salah satu hal yang sering membuat orang menyingkirkan agenda untuk berlibur adalah budget besar yang harus dikeluarkan, seperti mahalnya harga tiket pesawat ke destinasi yang ingin anda tuju. Sebenarnya, masalah tersebut bisa diatasi dengan menabung sejak jauh-jauh hari.

Jika cara tersebut tidaklah ampuh, masih ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Terpenting Anda bisa menjalani liburan menyenangkan tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Hal-hal berikut ini dapat membuat liburan Anda jadi lebih murah.

Cari Tiket Pesawat Murah

Biaya transportasi yang mahal kerap jadi kendala saat hendak berlibur. Terutama ketika pesawat terbang jadi satu-satunya moda transportasi yang efektif digunakan untuk sampai di tempat tujuan. Anda pun perlu menyiapkan dana untuk membeli tiket pesawat.

Namun, Anda bisa menyiasati harga tiket yang mahal dengan mencari tiket pesawat yang sedang dijual murah. Pilihlah maskapai yang melayani segmen LCC agar Anda bisa mendapatkan harga yang murah dibandingkan maskapai full service. Selain itu, carilah tiket promo yang kerap ditawarkan maskapai penerbangan. Hal tersebut tentunya akan sangat membantu Anda untuk menekan budget berlibur. Memesan tiket pesawat di situs seperti Traveloka juga akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Objek Wisata Murah

Selain biaya penerbangan, hal lain yang bisa Anda lakukan untuk menekan budget berlibur adalah dengan mencari tempat wisata yang murah di kantong. Maksudnya, Anda perlu menghindari destinasi pariwisata terkenal yang pastinya membutuhkan biaya hidup yang lebih mahal saat berada di sana. Namun, bukan berarti dengan mencari destinasi pariwisata dengan biaya hidup yang murah membuat Anda jadi tak bahagia saat menjalani liburan.

Anda bisa menelusuri berbagai daerah di Jawa untuk mendapatkan liburan yang murah. Mengunjungi kota-kota seperti Semarang, Malang, Yogyakarta, atau Solo tak akan membuat kantong Anda jebol. Pasalnya, di sana umumnya harga kebutuhan hidup sehari-hari, seperti harga makanan terbilang cukup murah. Jadi, Anda bisa menepis kekhawatiran mengenai harga saat liburan di sana. Atau anda juga jadi bisa mengimbangi harga tiket pesawat yang lagi naik dengan biaya di tempat wisata yang murah, sehingga budget wisata anda tetap stabil.

Jangan Tidur di Hotel

Hal lain yang membuat budget liburan membengkak adalah harga kamar hotel yang Anda inapi. Jika ingin menekan pengeluaran, Anda bisa memilih bermalam di homestay. Bisa pula Anda patungan dengan teman seperjalanan untuk menekan harga menginap.

Namun bila Anda benar-benar ingin tidur di hotel, sebaiknya Anda memesan kamar sejak jauh-jauh hari. Hal itu agar Anda bisa mendapatkan harga kamar yang bersahabat. Memesan kamar hotel sejak jauh-jauh hari bukanlah hal yang mustahil. Dengan melakukan pemesanan di Traveloka, Anda bisa mendapatkan kamar hotel dengan jarak yang cukup lama. Selain itu, sama seperti pemesanan tiket pesawat, harga tarif hotel di Traveloka lebih murah sehingga membantu Anda untuk menekan pengeluaran selama berlibur.

Belanja Seperlunya

Saat liburan, banyak tempat yang Anda kunjungi. Anda pun pastinya tertarik untuk berwisata kuliner dengan mencicipi makanan khas di sana. Selain itu, oleh-oleh yang ditagih oleh kerabat juga mau tak mau membuat Anda membelikan sesuatu sebagai buah tangan.

Tanpa disadari, selain biaya tiket pesawat, hal inilah yang bisa membuat biaya liburan membengkak. Anda bisa kehabisan uang saat mengikuti keinginan untuk berbelanja. Karena itu, Anda perlu pintar-pintar mengatur keuangan saat liburan. Bisa saja Anda berwisata kuliner hanya pada malam hari. Atau bisa pula Anda membeli oleh-oleh yang murah meriah agar tak kehabisan dana di tempat liburan.[ads]