Makan Siang Pakai Bothok Yukk! Asyik Loh…

0 96

IMG-20160826-WA0017
INFOWONOGIRI-COM-KOTA-Wonogiri menjadi salah satu Kabupaten yang cukup dikenal di jagad raya ini. Salah satu karena memiliki bendungan serbaguna Waduk Gajah Mungkur (WGM).

Wonogiri juga dikenal dengan kuliner has nDeso-nya. Makanan tradisional yng cukup populer adalah bothok. Bothok adalah menu masakan jawa yang dibumbui dengan rempah-rempah dan didominasi ampas kelapa, biasanya kelapa muda.

Cara memasaknya dibungkus dengan daun pisang. Kemudian dikukus. Pun jenis bothok di Wonogiri terbilang banyak. Antara lain bothok ikan air tawar hasil tangkapan nelayan WGM. Ada bothok ikan pathin, nila, bethutu, udang, dan wader. Ada juga bothok terung, pare, melanding dan lain lainnya.

Lauk ikan bothok ini cocok untuk sarapan, makan siyang, bahkan untuk makan malam sekalipun. Kalau kamu pas ke Wonogiri, katuran pinarak. Jangan lewatkan makan pakai lauk ikan botthok. Wes toh nyesel kalau gak beli.

Binya di mana? Paling banyak di kawasan obyek wisata WGM Sendang Asri, di Pasar Kota Wonogiri, di RM Pak Eko Bulusulur, atau di RM Pak To. Mbungkus di bawa pulang juga boleh loh. Kalau pas gak habis loh. Jangan khawatir, harganya juga murah loh. Untuk kemasan bungkus daun pisang Rp.3000. Murahkan?! Kalau kemasan daun jati? Ga ada! (baguss)