Kera Putih Terbesar Ngadirojo Turun Gunung

0 334
 kera putih tebesar turun gunung, tapi bukan kera beneran | Foto Dok RIN
kera putih tebesar turun gunung, tapi bukan kera beneran | Foto Dok RIN

INFOWONOGIRI.COM-NGADIROJO-Gegap gempita perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 71 Tahun belum habis. Kali ini kera putih atau yang dikenal dengan Kethek Ogleng terbesar se Kabupaten Wonogiri turun gunung memberikan semangat ribuan Bangsa Indonesia untuk merayakan karnaval pada Sabtu (20/8) di wilayah Kecamatan Ngadirojo.

Potensi 10 Desa dan dua Kelurahan menjadi kontingen karnaval tahun ini. Pelajar SMP/MTS, SMK Daya Wangsa turut dalam pawai budaya dan pembangunan ini. Start dari lapangan Ngadirojo melewati panggung kehormatan di Kaliampo Ngadirojo Kidul. Finish di halaman SPBU Ngadirojo.

Barisan terdepan adalah kontingen sekolah, disambung Desa/Kelurahan. Desa Ngadirojo Kidul melibatkan seluruh Dusun menyengkuyung. Kesempatan ini menjadi sarana mengenalkan potensi dusunnya masing-masing. Seperti Dusun Kepyar dengan kacang bimo-nya. Dusun Rejosari dengan seni tunggaknya.

Desa Ngadirojo Kidul menjadi kontingen terlengkap dengan menampilkan seluruh dusun beserta perangkat desanya, TP-PKK, Karang Taruna, Kamtibmas, Seni Trethek Lesung, Seni Reyog dan lain pasukan prajurit, pelajar dan petani. Semangat peserta usia remaja hingga dewasa menjadi tontonan menarik. Kostum yang mereka tampilkan juga sangat unik.

Sedangkan Desa Ngadirojo Kidul, Desa Jatimarto tampil menjadi kontingen terakhir. Penampilannya juga menarik dengan hadirnya replika durian raksasa dan juga patung anoman raksasa. Kreativitas warga layak diapresiasi tinggi. Dari pawai ini penonton menjadi tahu bahwa beberapa desa di Ngadirojo (Kerjo Kidul, Pondok, Jatimarto) adalah penghasil kakao (cokelat).

Ternyata Ngadirojo juga memiliki nelayan. Seperti yang digambarkan oleh kontingen Dusun Tinumpuk, Desa Pondok. Tiruan kapal nelayan menjadi daya tarik tersendiri. Saking ramainya karnaval mengakibatkan kemacetan lalulintas di adirojo. Arus lalin kendaraan pribadi dan pemotor dari dan keluar kota dialihkan ke jalan-jalan tikus. (IW-RJ)

error: Content is protected !!