Ini Alasan Mengapa Uang Insentif GTT-PTT Belum Cair

0 377
Sekretaris Dinas Pendidikan Kab Wonogiri Tunggal Widodo
Sekretaris Dinas Pendidikan Kab Wonogiri Tunggal Widodo

 

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Kadinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri melalui Sekdin Tunggal Widodo didampingi Kasubdin TK-SD, Heni Purwanti menjelaskan uang insentif sekarang berganti nama menjadi Uang Kesra (Kesejahteraan).

Program ini bergulir sejak sekira tahun 2006. Beberapa tahun belakangan, jumlah penerima berkurang setiap tahunnya. Karena ada sertifisikasi guru, baik swasta/negeri. “Tahun depan ada kemungkinan akan hilang. Karena pusat dan provinsi tidak mau menangani.

Guru honorer adalah kebutuhan masing-masing daerah. Yang tahu Bupati/Walikota,” tandasnya. Menurut Heni, pencairan dana Kesra untuk GTT harus melalui SK Bupati. Bupati Wonogiri Joko Sutopo dilantik per-Pebruari 2016.

Kewenangan penuh berlaku pertengahan Agustus 2016 ini. Saat ini sedang mengajukan Rencana Kegiatan Operasional (RKO). “Nanti ada rencana dicairkan 1 tahun, tidak persemester,” kata Heni. Pencairannya melalui tranfer bank daerah, bendahara UPT sampai ke guru.

Tunggal Widodo membenarkan uang insentif belum cair. Alasannya, uang insentif untuk GTT/PTT belum cair menunggu Perda Pendidikan yang sedang dibahas di DPRD II Wonogiri.

Dinas Pendidikan mengusulkan penerima insentif GTT 322 orang. Disetujui 193 orang. Yaitu SD 184, SMP 9 orang dan reture 11 orang. Diretur karena rekening penerima mati.

Sebagai tambahan, jumlah PNS ada 4.060 orang. Rincianya Kepala Sekolah (KS) 715, Guru kelas 2573. Guru agama 368, Guru Penjas 311. Admin/operator 414 orang, Pustakawan 235 orang. Data Per Februari 2016. Non PNS 2.835 orang. (baguss)

error: Content is protected !!