Detik-Detik Proklamasi di Pantai Paranggupito

0 154
upacara pengibaran bendera HUT Kemerdekaan RI di Pantai Paranggupito | Foto Istimewa
upacara pengibaran bendera HUT Kemerdekaan RI di Pantai Paranggupito | Foto Istimewa

INFOWONOGIRI.COM-PARANGGUPITO-Suasana tenang dan hikmat tampak terasa pada pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih pada peringatan Proklamasi HUT Kemerdekaan RI ke 71th, Rabu (17/8) di pantai Sembukan Paranggupito.

Semilir angin pantai dan deru ombak mengiringi detik-detik proklamasi pukul 10.00 WIB. Upacara dipimpin Inspektur Upacara (Irup) Supriyono mantan Kepala Desa Paranggupito. Hadir ratusan pramuka, pemuda dan para nelayan setempat.

Uniknya upacara ini lebih banyak didominasi perempuan yang mengenakan kerudung atau jilbab atau jubah, sedang pria kalah banyak. Pakaianya pun tidak berseragam. Komandan Upacara mengenakan beskap kejawen.

Seperti laiknya upacara di sekolah, upacara para nelayan dan warga di sana juga dilakukan secara disiplin dan urutan tata cara upacara bendera.

Sementara Camat Paranggupito Haryanto melaporkan, dalam rangka HUT Kemerdekaan RI telah dan akan dilaksanakan beberapa kegiatan. Antara lain, karnaval pada 18 Agustus, lomba volly putri 21 Agustus, volly putra 29 Agustus, sepak bola antar desa 3 September, dan pentas seni pada 10 September, sekaligus pameran produk lokal.
“Paranggupto HUT RI dirangkai dengan HUT Kecamatan ke 24 tahun pada 12 September,” katanya. (baguss)