Mantan Karyawan Cucian Mobil Jadi Polwan

0 229
Polwan Anggota Polsek Wonogiri Kota
Polwan Anggota Polsek Wonogiri Kota

INFOWOMOGIRI.COM-Maya Anugrah, wanita asal kampung yang beruntung. Maya anak ragil dari tiga bersaudara. Ayahnya bernama Martoyo, ibunya bernama Yatinem. Tempat tinggal di tepi genangan Bendungan Serbaguna WGM Wonogiri. Tepatnya di Dusun Tanjung RT 2 RW 03, Gebang Nguntoronadi Wonogiri.

Siapa sangka wanita lajang kelahiran Wonogiri 12 September 1992 ini bisa meniti karir sebagai Polisi Wanita (Polwan). Sejak kecil ortu-nya mengidamkan anak bontotnya menjadi Polwan. Padahal menjadi anggota Polri tidak mudah. Persaingan ketat. Prestasi akademik dan non akademik harus bagus.

Secara fisik tinggi/berat berat badan harus ideal dan mampu menguasai olahraga dasar. Maya setamat SMA tidak langsung daftar Polwan. Karena tahun itu, salah satu syaratnya harus bertinggi badan 160cm. Maya saat itu 159cm. Kurang 1 Cm. Maya menyadari takmemenuhi syarat.

Dia taklantas murung. Wanita berpenampilan tenang ini pilih merantau ke Bogor. Di kota hujan itu Maya bekerja di bengkel dan cucian mobil. Kira kira setahun di sana. Kemudian mudik ke kampung. Karena nganggur itu tidak enak. Maya cari kerja lagi. Dia diterima sebagai tukang packing di PT. Deltomet.

Kurang lebih dua tahun, peluang sebagai Polwan datang. Pendaftaran dibuka, standar minimal tinggi badan perempuan 155 Cm. “Saya daftar langsung diterima. Hanya sekali itu. Setahun kemudian syarat minimal berubah lagi menjadi minim 160cm sampai sekarang,” katanya sembari tersenyum.

Pendidikan SPN Purwakerto dijalani tahun 2013-2014. Pada akhir pendidikan ada seleksi bagi 1000 Polwan. Dia terpilih 8 besar. Maya dkk dilatih menjadi menembak. Untuk pentas pada perpisahan siswa SPN tahun itu. Senjatanya revolver laras pendek. Gaya nungging dengan sasaran balon di belakangnya.

Wanita lajang peng-hobi pencak silat dan lari ini dapat mengambil hikmanya. Menjadi Polwan bukan karena kebetulan semata, melainkan karena ridho orang tua dan ridho Allah Swt. (baguss)

error: Content is protected !!