Belajar Perdes Lingkungan Di Dawungan Jatiroto

0 189

IMG-20160601-WA0014

INFOWONOGIRI.COM-JATIROTO-Di penghujung bulan Mei (31/5/16) kemarin, Kabag Lingkungan Hidup Kabupaten Purbalingga belajar tentang Peraturan Desa (Perdes) Lingkungan Hidup di Desa Dawungan Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri.

Hadir Ketua Tim Study Banding Kabag Lingkungan Hidup Kabupaten Purbalingga Drs Ichda Masrianto M.Kes dan 50 orang.

Mereka disambut Muspika Kecamatan Jatiroto, Pelda Sutarno (wakil Koramil Jatiroto), Camat Jatisrono Drs Yogik Tribiakto MM, Camat Jatipurno Herdian S.IP MSi, Camat Sidoharjo Supardi SH MM, Camat Girimarto Suparmo S.IP MM, Kades Dawungan Jarno, Toga, Toda dan Tomas Desa Dawungan.

Kades Dawungan merasa bangga atas kunjungan itu. Dilaporkan 40 % penduduknya merantau. Karena lingkungan dianggap tak mendukung. Fasilitas air sulit didapatkan.

Penyusunan Perdes diinisiasi dan difasilitasi oleh Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa (PPEJ). Rumusan Perdes diserahkan masyarakat dan disusun sesuai kearifan lokal.

Pada November 2015 bersama desa lain di Jatiroto Perdes lingkungan hidup diundangkan acara simbolik. Perdes lingkungan hidup Desa Dawungan menyangkut upaya menjaga keseimbangan dan kelestarian alam, kesehatan dan pencegahan konflik.

Perdes mewajibkan warga mempunyai fasilitas MCK sendiri, dilarang buang air besar (BAB) sembarangan.

“Yang melanggar Perdes BAB sembarangan didenda uang Rp.100.000 untuk kas RT tempat kejadian. Ini dimaksimalkan agar setiap RT ikut mengawasi” kata Kades.

Maka harus memiliki MCK, sumur resapan untuk penampungan air sekaligus mencegah sendimen. Mengingat Desa Dawungan berada di kawasan Sub Daerah Aliran Sungai (Sub DAS) waduk gajah mungkur (WGM).

Untuk menjaga ekosistem di sungai Dawungan dilarang mencari ikan dengan obat/racun. Karena berdampak mematikan telur dan anak-anak ikan, dan makluk lain di sungai. Pengambilan telur semut rangrang/kroto juga dilarang. Karena rangrang membantu petani mengusir hama ulat.

Ichda Masrianto mengucapkan terima kasih. Dia menilai Perdes Dawungan sudah komplit. (Dim-B5)

error: Content is protected !!