Ribuan Canaker Serbu Job Market Fair

0 150

job fair

INFOWONOGIRI.COM-KOTA–Sebanyak 31 perusahaan berpartisipasi dalam Job Market Fair (JMF) 2016 di pendopo rumah dinas Bupati Wonogiri, Senin Selasa (9-10/5/16).  Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Wonogiri Ristanti melaporkan Job Fair diikuti oleh 31 perusahaan.

Penempatan Kerja Lokal (AKL) tujuan penempatan di Jateng sebanyak 19 perusahaan. Penempatan tenaga kerja Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) sebanyak 8 perusahaan. Tujuan ke Batam dan Kalimantan. Penempatan tenaga kerja Antar Kerja Antar Negara (AKAN) sebanyak 4 perusahaan dengan tujuan Jepang, Korea, Taiwan, dan Malaysia.

Seluruh perusahaan yang menjadi peserta JMF telah melalui proses seleksi yang dilakukan. Diantaranya, perusahaan tersebut bukan perusahaan outsourching, kelengkapan perijinan perekrutan tenaga kerja, gaji dan fasilitas bagi tenaga kerja, serta kejelasan kelanjutan penempatan tenaga kerja.

“Dalam JMF ini disediakan ruang tes dan wawancara bagi pencaker dan perusahaan yang akan melaksanakan seleksi di tempat,” imbuhnya. Ada lowongan pekerjaan 23.000 dengan posisi jabatan yang bervariasi. Mulai dari tenaga produksi, operator, teknisi, perbankan, ketatalaksanaan, tenaga usaha jasa, dan lainnya.

“Kami menargetkan 3.000 pencari tenaga kerja atau pengunjung dalam Job Market Fair ini. Sedangkan target penampatan kerja, paling tidak 1.000 pencari kerja terserap di perusahaan yang membutuhkan.”

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengapresiasi pertama kali digelar di Wonogiri itu. Menurutnya, JMF merupakan jembatan bagi pencari kerja dan perusahaan. Pemda hadir memfasilitasi dan solusi bagi penganggur. “Ke depan bisa diagendakan kegiatan ini lagi. Di Wonogiri ada 17.785 penganggur.Ini PR kami,” imbuhnya. (baguss-est)

error: Content is protected !!