Petan Sido Dadi, SekolahPengendalian Hama

0 96
pelaksanaan pelatihan SLPHT
pelaksanaan pelatihan SLPHT

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Sebanyak 33 anggota kelompok petani Sido Dadi Dusun mBanyak Desa Manjung Kecamatan Wonogiri mengikuti Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT), kemarin di rumah Ketua Gapoktan, dusun setempat.

Hadir Danramil-01/Wonogiri Kapten Inf Tono, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Manjung Kopka Sarto, Tim Penyuluh terdiri dari Dwi Hastuti (Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holti Kultura Kabupaten Wonogiri), PPL Wonogiri Anang dan Sawal.

Para penyuluh dalam menyampaikan materi menggunakan bahasa lugas dan tidak kaku. Sehingga mampu menarik minat dan terjadinya dialogis. Materi yang ada tidak semuadiberikan formal. Cenderung menjelaskan langsung secara praktis.

Kegiatan ini bersifat belajar bersama-sama antar penyuluh denganpetani. Diharapkan petani dapat lebih leluasa mengikuti kegiatan. Penyuluh dalam kegiatan ini sebatas sebagai fasilitator.

Sebelumnya juga telah dilakukansurvey lokasi dan pendataan peserta pelatihan. Peserta adalah petani dari satu kelompok tani. Petani yang dapat membaca, menulis, dan berkomunikasi dengan baik. Serta memiliki lahangarapan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada lahan petani dengan menggunakan komponen teknologi pengendalian yang telah disepakati berdasarkan pengamatan agroekosistem, baik untuk komoditas padi, jagung maupun kedelai. Pelaksanaan pengendalian disesuaikan dengan kondisi OPT sasaran. (baguss).

error: Content is protected !!