Penghargaan Bagi Siswa dan Guru Berprestasi

0 153
penyerahan penghargaan kepada guru dan murid berprestasi
penyerahan penghargaan kepada guru dan murid berprestasi

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Upacara Peringatan Hari Pendidikan di Kabupaten Wonogiri dilaksanakan di Lapangan Giri Krida Bhakti, Senin (2/5) diikuti pelajar dan praktisi pendidikan di Kabupaten Wonogiri.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo membacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Anis Baswedan. Mendikbud menyoroti pentingnya pendidikan berkualitas bagi anak-anak.

Kunci kemajuan bangsa adalah manusia terdidik dan tercerahkan. Sehingga perlu mutu dan jenjang pendidikan untuk memberi ruang bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

Menghadapi perubahan global yang begitu cepat dan tidak terprediksikan, setiap orang harus mendukung dan memastikan anak-anak siap secara pribadi meraih kesempatan.

 “Untuk menjawab tantangan jaman anak-anak butuh ketrampilan. Berkarakter, literasi dan berkompetensi” katanya. Kualitas karakter terdiri dari moral dan kinerja dapat menjadi pemandu anak menghadapi perubahan.

Pembentukan moral mencakup penanaman nilai Pancasila, Keagamaan, integritas, kejujuran, keadilan, empati, welas asih dan sopan santun, serta karakter kinerja melalui kerja keras, ulet, tangguh, inisiatif gigih, adaptasi dan kepemimpin.

Sementara kemampuan literasi anak tidak hanya berfokus pada baca, tulis, hitung. Harus diperkuat dengan literasi sains, teknologi, finansial dan budaya. Komponen tak kalah penting kompetensi, anak Indonesia dituntut kreatif, kritis, komunikatif, kolaboratif, untuk menghadapi masalah yang kompleks.

Tema tahun ini “Nyalakan Pelita,Terangkan Cita-cita”. Mendikbud berharap semua orang bergerak memperluas dampak pendidikan, sehingga pendidikan dapat berperan sebagai pelita agar anak mampu menata dan menyiapkan masa depannya.

Bupati  berkesempatan memberikan trophy dan piagam penghargaan kepada siswa, guru dan sekolah berprestasi di bidang pendidikan tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional. (mon-B5)

error: Content is protected !!