Meriahnya Pameran Potensi Desa se Kecamatan Jatiroto

0 164

IMG-20160505-WA0038
INFOWONOGIRI.COM-JATIROTO-Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) UPTD Pendidikan Kecamatan Jatiroto menggelar berbagai kegiatan seperti tahun sebelumnya.
Antara lain jalan santai yang diikuti guru/siswa dan pertandingan bulutangkis beregu.

Juga digelar bazar dan pameran potensi siswa yang diikuti 22 stand perwakilan Desa/Kelurahan, SMP/MTs/SMK se Jatiroto.

Pada pameran bazar meliputi makanan dan minuman khas, pernak pernik cantik kerajinan tangan dan berbagai produk unggulan dari Desa/Sekolah. Bazar telah berlangsung 1 – 2 Mei di lapangan Jatiroto.

IMG-20160505-WA0037
Desa Pesido menjajakan kerajinan berbahan tanah liat. Antara lain grabah berbentuk vas bunga. Makanan Wingko, lemper dan lain lainnya. Stan SDN 2 dan 3 Pesido memamerkan produk unggulan batu bata. Meski hanya menampilkan sampel, namun pengunjung ada yang memesan batu bata Desa Pesido.

Tidak kalah laris makanan khas Desa Tempe Mlanding Pesido paling laris. Terjual 150an bungkus tempe mlanding.
Penjaga stand Berlian dan Nia siswa klas 5 SDN 3 Pesido mentakan tempe mlanding diambil langsung dari pembuatnya.

Dari Desa terujung di Jatiroto Brenggolo memamerkan produk gula aren dan sapu lidinya. Hari pertama pameran gula aren langsung ludes diserbu pengunjung.
Stand SDN 1 dan 2 Desa Dawungan menjual senjata tajam asli. Yaitu pisau, sabit, golok dan cangkul.

Mulyati S.Pd selaku Kepala Sekolah produk itu dipesan jauh sebelum pameran. Sebab jika tidak dipesan maka tidak kebagian. Sebab tukang pandai besi di daerahnya repot melayani pesanan petani luar daerah.

Pentas seni menampilkan kreativitas desa/sekolah masing-masing. Antara lain seni tari, menyanyi, band dan drama. Tampilan seni modern tidak kalah menyita perhatian ribuan pengunjung. Seni karawitan dari MTS GUPPI tampil bagus laiknya seniman profesional.

Tari Jatilan dari SDN1 Dawungan binaan Eko Sulistyawan dan Seni kethek ogleng dari SDN1 Sanggrong binaan David S.Pd tampil lincah atraktif dan kompak dengan kostum serba putih memukau.

Musik Nretek Lesung oleh siswa-i SDN 3 Pesido dengan lagu padang mbulan dan lesung jumengglung dibawawakan dengan apik seperti tempo dulu lengkap dengan seragan ala petani.

Danang Hari W, S.Pd selaku pembina menjelaskan anak didiknya dibina selama tiga kali latihan sepulang sekolah. Lesung dipinjami dari wihara samping sekolah.

Perayaan Hardiknas ditutup dengan tirakatan pada malam tanggal 2 di SDN 1 Jatiroto. Dihadiri pejabat Muspika, Kasek dan anggota DRPD Kabupaten Wonogiri dan toga/tomas. pagi harinya dilaksanakan upacara bendera. Pembina upacara Kapolsek Jatiroto ditutup penyerahan hadiah (N 420-B5)

error: Content is protected !!