Denda Adminduk Dihapus

0 61
Bupati Joko Sutopo, Wabup Edi Santosa, Ketua DPRD II Wonogiri Setyo Sukarno meninjau pelayanan One Day Service E-KTP Dispendukcapil
Bupati Joko Sutopo, Wabup Edi Santosa, Ketua DPRD II Wonogiri Setyo Sukarno meninjau pelayanan One Day Service E-KTP Dispendukcapil

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Mulai awal Mei ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Kabupaten Wonogiri telah menghapus denda atas keterlambatan administrasi kependudukan (Adminduk).

Meski dendanya relatif “murah”, namun selama ini, justru yang terkenda denda masyarakat awam dan kurang mampu. Karena mereka minim informasi dan sosialisasi Adminduk.

Denda keterlambatan adminduk setahun didenda Rp.15 ribu. Dua tahun Rp.20 ribu. Tiga tahun lebih Rp.25 ribu. Saat ini sudah ada penyederhanaan birokrasi. Tidak perlu sidang. Cukup surat pernyataan mutlak bermaterai.

Sedangkan masyarakat menengah ke atas nyaris tidak terkena denda adminduk. “Mulai hari ini, sampai sebulan kedepan kita gratiskan denda keterlambatan adminduk,” ujar Kepala Dispendukcapil Sungkono, Senin (13/5/16).

Sebulan kedepan, Dispendukcapil akan meevaluasi. Sekaligus akan mengusulkan penghapusan dua pasal yang mengatur tentang Denda Adminduk pada Perda nomor 3 Tahun 2014, ke wakil rakyat.

“Harapannya, setelah masuk Prolegda (Program Legislasi Daerah) dan disetujui. Maka pencabutan sanksi denda adminduk tidak hanya satu bulan. Tetapi seterusnya, tidak akan ada denda lagi,” kata Sungkono. (baguss)

error: Content is protected !!