1100 Orang Napak Tilas Pangeran Sambernyowo

0 203

napak tilas
INFOWONOGIRI.COM-SELOGIRI-Sebanyak 1100 (110 regu) orang mengikuti napak tilas Pangeran Sambernyowo, Kamis (19/5/16). Star pemberangkatan dari depan prasasti Watu Gilang Nglaroh Desa Pule Kecamatan Selogiri. Turut mengibaskan bendera star para pejabat Pemda Wonogiri Sekda Wonogiri H. Suharno kali pertama memberangkatkan, disusul secara bergantian Dandim, Kapolres, Ketua DPRD, dan asisten, staf ahli, kepala dinas, Muspika Kecamatan Selogiri dan Kades Pule. Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan Wakil Bupati Edi Santosa SH tidak hadir.

Hari ini di Bumi Nglaroh di tempat ini didirikan Pemerintahan di Wonogiri yang pertama kali pada Tanggal 19 Mei Tanggal tersebut ditetapkan oleh Bupati Wonogiri Drs. H Oemarsono pada Rabu Kliwon 3 Robiul Awal (Maulud) Tahun 1666 Jimakir Windu Sengara Candra Sengkala Rasa Retu Ngoyak Jagad.

Perhitungan tahun Masehi Rabu Kliwon tanggal 19 Mei Tahun 1941 Surya Sengkala: Kahutaman Sumbering Giri Linuwih, oleh Raden Mas Said (Pangeran Sambernyawa). Dengan semboyan: 1) Ti Ji Ti Beh (mati siji mati kabeh) mukti siji mukti kabeh.

2) Tri Dharma; Mulat Sariro Hanggroso Wani. Rumangsa Melu Handarbeni. Wajib Melu Hangrungkebi.

Diperingati kali pertama pada tahun 1991 pada peringatan ke 250 pada hari Minggu Pahing 19 Mei 1991 atau Tanggal 5 Dzulka’idah 1411 H.(baguss)