UNBK UN Lemot

0 114

IMG-20160404-WA0040
INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sempat terjadi lemot. Disebabkan jaringan internet lelet. Sehingga mengalami keterlambatan waktu mulai mengerjakan.

Itu terjadi pada hari pertama, Senin (4/4) di beberapa sekolah yang melaksanakan UNBK SMA/SMK di Kabupaten Wonogiri. UNBK di Wonogiri dilaksanakan di SMAN 1, SMAN 2, SMA N 3. Di SMK N 1, SMK N 2, SMK Pancasila 5, SMK YIS Jatipurno, dan SMK Kelautan Giritontro.

“Sempat lemot, tapi hanya sekira 10 menit. Bisa jadi karena jaringannya. kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri H. Siswanto. Secara keseluruhan, pelaksanaan UNBK tahun ini lebih baik dibandingkan setahun lalu. Pada tahun lalu, sempat mengalami keterlambatan 30 menit lebih akibat jaringan lemot.

Pelaksanaan UNBK persesi 2 jam. Sesi pertama diimulai pukul 08.00 sd 10.00 WIB. Sesi ke dua 10.00 sd 12.00 WIB. Sesi ke tiga pukul 13.00 sd 15.00 WIB. “Ini tadi jam 4 baru selesai, alhamdulillah lancar sesuai rencana,” tandas H. Siswanto.

Bagi beberapa SMA dan SMK negeri maupun swasta yang telah melaksanakan UNBK, karena telah memiliki sendiri fasilitas komputer berjaringan. Itu didapatkan dari bantuan dana block grand dari pemerintah pusat dan sebagian swadaya sekolah.

Sekolah lain yang belum melaksanakan UNBK maka melaksanakan UN Paper Tes (kertas tes/manual). Dikarenakan, sekolah lain belum layak untuk melaksanakan UBK. Disebabkan, belum mempunyai perangkat komputer lengkap. Persekolah paling tidak harus ada, minimal 240 unit computer berjaringan internet. (baguss)