Sengketa Tower Telkomsel Berkepanjangan

0 115
Bupati Wonogiri Joko Sutopo
Bupati Wonogiri Joko Sutopo

INFOWONOGIRI.COM-SIDOHARJO–Sengketa antara perusahaan operator telepon seluler dengan warga masyarakat Desa/Kecamatan Sidoarjo belum tuntas. Padahal sengketa itu terjadi sejak awal tahun 2015 silam. Sampai pekan kemarin, belum tuntas. Akhirnya, sejumlah warga Dusun Jarum RT 03 RW 01 Desa/Kecamatan Sidoharjo menghadap ke Bupati Wonogiri Joko Sutopo.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Wonogiri Ismiyanto melalui Kabid Kominfo Tarjo mengemukakan, sengketa tersebut berkaitan dengan perpanjangan kontrak tower di lahan milik warga setempat, Joko Supriyadi.

Telkomsel ingin memperpanjang kontrak tower di lahan milik Joko Supriyadi. Sebagian warga setempat tidak menyetujui perpanjangan kontraknya. Sebagian warga lain setuju. “Tower itu berdiri sejak tahun 2005. Tahun kemarin mau diperpanjang, namun sebagian warga tidak menyetujui,” kata Tarjo.

Menurut Tarjo, warga yang tidak setuju, adalah yang berada di radius 70M dari tower itu berdiri. Alasan yang taksetuju, karena merasa kurang aman dan kurang nyaman dengan tower tersebut.

Tower Telkomsel itu memiliki jangkauann standar 5Km, jaringan 3G, jaringan data dan paket komunikasi internet 500 meter. Dari sisi perijinan, tower tersebut legal. “Tinggal persoalan person to person. Kalau sebagian warga tidak setuju, ya tidak bisa berlanjut. Kemungkinan akan pindah. Tapi itu tergantung Telkomsel,” kata Tarjo lagi.

Menurutnya, vendor Telkomsel dari Jateng DIY ini banyak mempertimbangkan jika harus pindah. Sebab memindah tower ke tempat lain, sama repotnya dengan mendirikan tower baru. Bahkan lebih tidak efektif dan tidak efisien. Namun jika tetap berdiri, maka akan menjadi persoalan antara di lingkungan warga setempat. Antara yang sebagian tidak setuju diperpanjang versus yang setuju. “Setuju atau tidak setuju Kuncinya ada di Pak Joko Supriyadi,” tandas Tarjo. Selanjutnya, Tarjo mengatakan, masalah itu sepenuhnya menjadi kewenangan pimpinan.

Terpisah Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyatakan akan menyikapinya dengan bijak. Antara lain akan mengkaji legalitas dan tata aturan pendirian tower. Setelah itu akan disosialisikan dengan masyarakat. Harapanya jika sama sama memahami maka tidak ada pihak yang dirugikan. (baguss)

error: Content is protected !!