Kepala Dusun & Perangkat Desa Songbledek Diperiksa

1 109
para saksib  kepala dusun dugaan korupsi di Desa Songbledek Kecamatan Paranggupito
para saksib kepala dusun dugaan korupsi di Desa Songbledek Kecamatan Paranggupito

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri memeriksa 12 dari 24 orang saksi kasus dugaan korupsi dana kas desa sekira Rp.300 juta di Desa Songbledek Kecamatan Paranggupito.

Saksi-saksi itu terdiri dari perangkat Desa Songbledek dan para Kepala Dusun (Kadus) di Desa setempat. Tim penyidik terdiri Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Hafids Muhyidin, Suwarti, Harinto Wijoyo, Joni Samsuri, Beny Prihatmo, dan Muis.

Kadus Kadus Tlogorejo (Sukiswanto), Gondangsari (Suyanto), Janglot (Sidik Rohmadi), Lomujing (Samudo), Sumberejo (Tulatno), Klepu (Suhardi), Ngandongrejo (Purwoko), Songbledek (Arip Sudarsono), Weru (Saino), Jambu (Slamet Wiyono), Rejosari (diampu Ketua RT Sarno) dan Mloko (Kusno).

Kajari Wonogiri Tri Ari Mulyanto melalui Kasi Pidsus Hafids Muhyidin mengemukakan, bahwa penyidikan kasus itu berjalan cepat. Saat ini telah mengundang saksi terperiksa 12 Kadus dan Perangkat Desa.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan calon tersangkanya karena belum ada tersangkanya. Penyidikan didasarkan atas terjadinya kerugian negara Rp300-an juta, dan telah diketahui modusnya.

Modusnya, dana telah dicairkan yang bersumber APBDes, APBD II Kabupaten dan APBN. Setelah dicairkan uang tidak digunakan sebagai mestinya. Antara untuk proyek rabat jalan, makadam, dan talut.

Ada banyak titik kegiatan fisik. Besarnya mulai Rp.10 juta sampai Rp.45 juta pertitik. “Dana sudah dicairkan semua dari kas. Namun tidak seluruhnya dibelanjakan untuk proyek fisik itu, sebagian masuk kantong sendiri,” kata Hafidz. (baguss)

error: Content is protected !!