Jujur Jadi Karakter Utama Pendidikan di SMKN 1 Kelautan

0 187
Pelaksanaan UNBK di SMK N 1 Kelautan Giritontro
Pelaksanaan UNBK di SMK N 1 Kelautan Giritontro

INFOWONOGIRI.COM-GIRITONTRO-Kepala Sekolah dan para guru SMKN 1 Kelautan Giritontro menanamkan pendidikan karekater menjadi hal utama sebelum mengajarkan prestasi akademik. Yaitu membangun karakter kejujuran menjadi pondasi utama pada kepribadian siswa.

Hal itu dikemukakan oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Kelautan Giritontro Putra Jaya melalui Waka Kurikulum Heri Sulistyanto didampingi Antonius Windra (Wakasek Humas), Agus Triyanto (Wakasek Sarpras) dan Soleh Padmadi (Kasubag TU).

“Prestasi nomor dua setelah jujur. Karakter jujur ini kita bangun. Sejak kelas 10 sudah menjadi kebiasaan. Sia sia nilai akademik tinggi, tetapi karakternya nol. Prestasi diburu. Tetapi jujur nomor satu,” begitu kata Heri. Pendidikan karakter juga harus ditanamkan di luar sekolah.

Faktor eksternal (luar sekolah) dapat memengaruhi hasil pendidikan. Kebiasaan baik di sekolah harus dibawa ke rumah. Kebiasan baik dari rumah harus dibawa ke sekolah. Kebiasaan buruk harus dibuang ke tempat sawah.

“UNBK ini tidak hanya mengejar prestasi. Lebih ke pertaruhan pendidikan karakter kita,” kata Heri. Di kalangan siswa penampilan ditata. Sopan santun dijaga. Cara berakaian standar dan selalu rapi. Potongan rambut standar rata-rata.

Ada slogan, “tidak cepak kurang layak,”. Alhasil sekolah inipun mendapatkan predikat standar ISO 90012008 tentang manajemen mutu pendidikan dari Komite Akreditasi Nasional. Prestasi lumayan pernah diraih adalah juara dua Citra Pelayanan Publik tingkat Jateng. Finalis nasional pendidikan karakter se Indonesia. (baguss)

error: Content is protected !!