Truk Tambang Galian C Biang Kerusakan Jalan Sukoboyo

1 209
Jalan rusak di depan kantor kelurahan
Jalan rusak di depan kantor Balai Desa Sukoboyo

INFOWONOGIRI.COM-SLOGOHIMO- Masyarakat Desa Sukoboyo mengeluhkan kerusakan jalan. Kerusakan tersebut diakibatkan lalulintas kendaraan truk truk yang melintasi jalan Sukoboyo-Randusari Slogohimo.

Pantauan INFOWONOGIRI truk truk tersebut mengangkut pasir dan batu hasil tambang pasir di Desa Setren dan Sukoboyo. Kegiatan itu merupakan tambang yang posisinya berada di atas Desa setempat. Kerusakan cukup parah tampak di Puskesmas Sukoboyo Slogohimo. Di depan Kantor Balai Desa Sukoboyo. Di beberapa titik sepanjang kurang lebih 2 Km.

Truk Tambang Galian C Biang Kerusakan Jalan Sukoboyo
Truk Tambang Galian C Biang Kerusakan Jalan Sukoboyo

Sedangkan terparah tampak di pertigaan dekat pos kamling di sisi selatan Desa Sukoboyo. Saking parahnya jalan tersebut sama sekali tidak bisa dilewati. Sebuah truk muatan terjebak selip tidak bisa jalan pada Jumat (4/3) kemarin.

Saman (60) warga Dusun Kembang Desa Sukoboyo mengungkapkan kerusakan jalan disebabkan kendaraan pengakut pasir yang bebannya melebihi tonase.

Hal senada juga diutarakan Faidzin (40) warga desa setempat. Menurutnya truk-truk bermuatan pasir setiap hari kurang lebih ada sekitar 30 unit.

Warga meminta pihak yang terkait dengan kegiatan tambang ada perhatian atas kerusakan jalan. Pihak penambang telah sepakat untuk membenahi kerusakan jalan terdampak kegiatan tambang.

“Dulu jalanya rata. Sekarang berlubang lubang, susah dilewati dan membahayakan penguna jalan. Warga ingin jalanya kembali rata supaya bisa dilewati,” ujarnya.

Beberapa hari lalu warga menggelar unjukrasa kepada pengelola tambang. Aspirasi warga meminta pengelola tambang diminta memenuhi janjinya. Yaitu memperbaiki dan merawat jalan yang rusak.

Pengelola tambang baru menguruk jalan yang berlubang. Namun ketika hujan, lubang yang diuruk menjadi blethok dan hancur lebih parah seperti trak ofroad. Sehingga tidak bisa dilalui.

Kerusakan tersebut beberapa kali menyebabkan pemotor mengalami kecelakaan. Kini banyak pemotor memilih tidak melewati jalan di sana.

Tak hanya warga sekitar jalan Sukoboyo Randusari saja yang mengeluhkan kerusakan jalan. Beberapa siswa siswi SMP N 2 Slogohimo juga mengeluhkan hal yang sama. Para pelajar setiap hari melewati jalan yang rusak itu. Para pelajar harus ekstra hati-hati agar selamat sampai sekolah dan sekembalinya. Pakian dan sepatunya tetap terjaga bersih. ( N 420 / B-5)

error: Content is protected !!