Tenaga Pendidik Diminta Lebih Giat Lagi

0 78
Sri Mulyati Kabid SMK Dinkas Kabupaten Wonogiri
Sri Mulyati Kabid SMK Dinkas Kabupaten Wonogiri

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Mulai awal tahun ini, para tenaga kependidikan diminta lebih giat lagi dalam melaksanakan tugas, khususnya guru SMP, SMA dan SMK negeri, menyusul diberlakukannya UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah.

UU tersebut mengatur tata kelola struktur pemerintahan, salah satunya di bidang pendidikan menengah (Dikmen). Selama ini, tata kelola Dikmen didominasi oleh Pemerintah Kabupaten/Kotamadya.

Kepala Bidang SMK Sri Mulyati menjelaskan, Bidang SMK sejak tahun 2015 sudah mulai menyiapkan dan menginfentarisir sumber daya manusia dan sarana prasarananya, sampai akhir Februari 2016. Awal Maret ini dipastikan sudah klear, karen akan dilanjutkan penganggaran di APBN.

Saat ini SMK ada 46 sekolah meliputi 8 SMK Negeri dan 38 SMK Swasta. Jumlah siswa 21.000. Rincianya 6000 siswa SMK Negeri dan 15000 SMK Swasta. Guru ada 1300 an pendidik. Terdiri dari 239 guru PNS dan sisanya guru tidak tetap dan pegawai tidak tetap (GTT/PTT).

Menurut Mulyati tidak ada dampak langsung yang signifikan bagi siswa. Tetapi akan sangat berdampak positif bagi guru, dengan ditariknya Dikmen ke Pusat dan Provinsi. Kedepanya kesejahteraan guru dan pegawai meningkat significant. “Pegawai pusat, dan Provinsi kesejahteraan akan lebih tinggi dibandingkan di Kabupaten/Kota,” kata Mulyati. Untuk itu Mulyati menekankan agar kinerja aparatur Dikmen lebih giat lagi dalam menndidik dan menghasilkan lulusan SMK yang baik agar siap kerja.

Selama 2 tahun belakangan, kepercayaan masyarakat luar biasa meningkat. Indikasinya naiknya jumlah siswa didik SMK setiap tahun 1000 siswa. “Saya selalu memotivasi setelah lulus SMK harus menjadi manusia yang siap kerja,” tandas Mulyati.

Selain itu pihaknya telah membuat terobosan dengan membentuk Asesor dan TUK (Tempat Uji Kompetensi ) guna menghadapi berlakunya Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Dengan Asesor dan TUK siswa SMK harus bersertifikat. (nano-baguss)

error: Content is protected !!