Kepala Desa Diperiksa Inspektorat

0 302
Kepala Inspektorat Kabupaten Wonogiri Hernowo Narmodo
Kepala Inspektorat Kabupaten Wonogiri Hernowo Narmodo

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Setidaknya ada 16 Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Wonogiri diperiksa oleh tim Inspektorat Kabupaten Wonogiri.

Pemeriksaan telah dimulai sejak pertengahan Januari sampai Maret ini. Sampai sekarang pemeriksaan belum tuntas. Hal itu dikemukakan langsung oleh Kepala Inspektorat (Inspektur) Kabupaten Wonogiri Hernowo Narmodo, Kamis (17/3) di Kantornya, turut mendampingi Sekretarisnya, Sri Wananingsih.

“LHA (Laporan Hasil Akhir, red), belum selesai,” kata Narmodo. Narmodo, para Kades saat ini banyak yang nakal. “Kades sekarang nakal-nakal, ini memang ngeri, tambahan anggarannya semakin besar,” katanya.

Dibeberkan, ke 16 Kades terperiksa adalah Kades Purwosari, Sonoharjo (Wonogiri), Tremes (Sidoharjo), Jendi (Selogiriy, Kulurejo (Nguntoronadi), Sidorejo (Jatisrono), Ngroto (Jatisronoy. Mojopuro (Jatiroto), Jatirejo Girimartoy, Kepyar dan Bakalan (Purwantoroy, Pucung (Eromoko), Bubakan (Girimarto), Tawangharjo (Giriwoyo dan Slogohimo (Slogohimo).

Mereka diperiksa terkait dengan pengelolaan keuangan Kas Desa, Inventarisasi Sarana Prasarana Desa, Tupoksi Desa dan SDM Desa.

“Hasilnya belum bisa kita sampaikan. Sepenuhnya masih ada di tim. Saya saja belum tahu hasilnya. Karena belum selesai,” kata Narmodo. Secara terbuka hasil pemeriksaan akan disampaikan ke Bupati, dan dijabarkan dalam Larwasda (Laporan Pengawasan Daerah) September mendatang.

Di luar itu, Kepala Desa Songbledek Kecamatan Paranggupito dikabarkan juga diperiksa Kejaksaan Negeri Wonogiri. Namun Narmodo mengaku belum mengetahui. (baguss)

error: Content is protected !!