Jumlah Tuna Daksa Pemilik SIM D ada 37 Orang

0 99
Deva penyandang cacat yang sedang mengikuti uji berkendara dengan roda tiga.
Deva penyandang cacat yang sedang mengikuti uji berkendara dengan roda tiga.

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Jumlah pemilik SIM D, yaitu SIM khusus untuk penyandang Disabilitas tuna Daksa se Kabupaten Wonogiri telah mencapai 37 orang. Pelayanan SIM D di Satlantas Polres Wonogiri telah dimulai sejak sejak tahun 2013.

Pada awalnya, secara bertahap ada 26 pemohon SIM yang telah terkabulkan. Di tambah pada Sabtu (5/3/16) Satlantas Polres Wonogiri kembali mengabulkan 12 dari 14 pemohon SIM D dari wilayah Kabupaten Wonogiri. “Dua pemohon tidak terkabul karena tunarungu wicara,” kata Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Sri Ningsih Iriani SH mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Windro Akbar Panggabean SIK.

Sementara itu, Simun (53) selaku Kordinator Difabel di Wonogiri, mengemukakan total anggota penyandang Disabilitas ada sekira 60-an, yang aktif. Faktanya bisa mencapai ratusan lebih. Namun mereka tidak semua tergabung ke dalam organisasi Difabel, yang disebut Self Help Grup (SHG) Wonogiri.

Dikarenakan, kaum Disabilitas masih memiliki sifat tertutup pada diri maupun keluarganya. Padahal dengan berorganisasi dapat semakin percaya diri dan bisa berkembang mandiri.

“Organisasi ini targetnya pemberdayaan anggota. Memang berat, tetapi sudah menunjukan hasil. Ada banyak anggota yang sudah mandiri,” kata Simun. (B-5)

error: Content is protected !!