Tetap Waspadai Gerakan Gafatar

0 74
Pemulangan eks Gafatar dari Kalimantan ke Giriwoyo Wonogiri setelah ditampung di Asrama Haji Donohudan
Pemulangan eks Gafatar dari Kalimantan ke Giriwoyo Wonogiri setelah ditampung di Asrama Haji Donohudan

INFOWONOGIRI.COM-GIRIWOYO-Tiga orang mantan anggota Gafatar (Eks-Gafatar) dari Wonogiri telah kembali ke keluarganya.

Mereka kembali setelah dijemput oleh Tim Gabungan Muspida Kabupaten Wonogiri yaitu Kesbangpol, Satpol PP dan Linmas, Polres Wonogiri dan Kejari Wonogiri, dari Asrama Haji Donohudan.
Kajari Tri Ari Mulyanto melalui Kasi Intel Achmad Muchlis melaporkan, ketiga eks-Gafatar yang kembali ke Wonogiri adalah se-keluarga Subur Wibowo (58th) sebagai kepala keluarga, dan dua anggota keluarganya yaitu Suswati (55th) dan anak angkatnya Udji Hardyanto (19th).

Mereka bertiga diterima kakak kandung Subur Wibowo, yaitu Slamet. Bertempat tinggal sementara di rumah Slamet, di Dusun Gluto Desa Selomarto Kecamatan Selogiri.

Proses penyerahan dilakukan oleh Muspida Kabupaten Wonogiri kepada Muspika Kecamatan Giriwoyo disaksikan oleh Kepala Desa dan perangkatnya serta Tokoh Agama Islam setempat. Secara umum kondisi kesehatannya drop, butuh pemulihan fisik dan psikis beberapa pekan ke depan.

“Mereka bisa diterima kembali oleh keluarganya dan masyarakat setempat,” kata Kasi Intel Kejari. Mereka, lanjut Kasi Intel, bahwa kepergiannya kali pertama merantau ke Jakarta pada Tahun 1976. Kemudian tanah dan harta tidak bergerak miliknya di jual untuk merantau ke Kalimantan pada tahun 2015 setelah tergabung ke Gafatar. Di sana dia mendapatkan ajaran sesat dari Ahmad Musadek.

Namun secara umum, warga masyarakat dan tokoh agama beserta Muspika diminta mewaspadai gerakan mereka. “Jangan sampai dia justru menyebarkan ajaran sesat dan menyesatkan Gafatar itu. Itu yang penting!,” tegas Kasi Intel. (B-5)

error: Content is protected !!