Survey, Cewek Jaman Sekarang Lebih Cepat Datang Bulan

0 217
Sri Mulyani anggota Polres Wonogiri sosialisasi anti sex bebas, narkoba dan HIV-AIDs di SMPN 1 Wonogiri.
Sri Mulyani anggota Polres Wonogiri sosialisasi anti sex bebas, narkoba dan HIV-AIDs di SMPN 1 Wonogiri.

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Hasil survey membuktikan, anak anak di jaman sekarang lebih cepat dewasa. Anak perempuan lebih cepat mengalami datang bulan (menstruasi). Bagi anak laki-laki juga cepat mengalami mimpi basah.

Hal itu disampaikan oleh dr H. Sinung Pribadi MM selaku Kepala Bidang Keluarga Berencana (KB) di Kantor BKBKSPP Kabupaten Wonogiri, Rabu (24/2) pada acara sosialisasi Kesehatan Reproduksi Remaja di SMPN 1 Wonogiri.

Pada acara itu juga sekaligus Lunching Keleompok PIK R/M Wonogiri (Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiswa). “Menrurut penyelidikan dan kenyataan pada usia 11-12th anak perempuan sekarang sudah menstruasi,” kata Sinung.

Faktor yang mempengaruhi cepatnya terjadi menstruasi, disebabkan karena faktor hormon estrogen dan progesteron bagi anak perempuan. Hormon testosteron yang mempengaruhi mimpi basah bagi anak laki-laki,” katanya.

Anak laki-laki sekarang sudah mulai ada yang mengalami mimpi basah pada usia 13-14th. “Kalau anak perempuan sudah pernah menstruasi. Sekali saja hubungan maka bisa hamil, itu bahayanya,” terang Sinung.

Karena itu, Sinung memberikan solusi agar anak-anak sekarang harus banyaka ktifitas. Utamanya kegiatan agama, pendidikan umum, olahraga, senin budaya dan sosial kemasyarakatan. Agar tidak waktu tebuang untuk hal negatif.

Dari sisi ilmu kesehatan reproduksi, orang tua dan para guru di sekolah atau dalam kegiatan keagamaan harus memberikan pengertian tentang kesehatan reporukdsi sedini mungkin. Peran orang tua dan ibu sangat penting.

Utamanya kepada anak perempuan. Jelaskan, bahWa menstruasi adalah pelepasan sel telur yang tidak dibuahi sperma, dengan keluarnya indometrium (darah kotor) dari dalam alat reproduksi perempuan.

Isi ovarium dan testis kalau dipertemukan bisa menjadi janin, misalnya bayi tabung. Apalagi dengan berhubungan badan. “Maka hubungan badan bisa dilakukan setelah dewasa. Minimal 21 tahun bagi perempuan, dan minimal 25 tahun bagi pria. karena itu wajib belajar sampai SMA,” tuturnya.

Targetnya adalah anak anak remaja Wonogiri bebas dari Narkoba/IMS (infeksi menulas seksual), dan pendidikan pendeswasaan usia perkawinan. Harapan lain, anak anak remaja dijauhkan dari sex bebas, narkoba, HIV-AIDs.

Dalam sosialisasi ini, BKBKSPP menggandeng Sat Narkoba Polres Wonogiri (Sri Mulyani), Kordinagtor Penyuluh KB dr H Indra Putranto, Dinas Kesehatan Kabupaten,  dan Dinas Pendidikan (Kasek SMPN 1 Wonogiri). (baguss)

error: Content is protected !!