Rekor MTA Wonogiri Sumbang 1100 Kantung Darah

0 98

IMG-20160208-WA0085
INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Aksi kemanusiaan digelar oleh umat islam Majlis Tafsir (MTA) Cabang Wonogiri. Hanya dalam sehari, jamaah MTA berhasil menyumbangkan darah sekitar 1100 kantong.

Aksi donor darah dilakukan Senin (8/2) di Gedung MTA Wonokarto Wonogiri. Ketua Panitia Kegiatan betajuk “Aksi Kemanusiaan 1000 Pendonor” Suprianto mengatakan, kegiatan Donor Darah ini diikuti oleh keluarga MTA dan non-keluarga MTA.

“Jumlah pendaftar anggota MTA tercatat ada 1007, sisanya sekitar 100 pendonor di luar anggota MTA,” terang Suprianto didampingi Humas MTA Wonogiri Asik, mewakili Ketua MTA Kabupaten Wonogiri dr H. Setyo Budi Utomo.

Kegiatan donor darah sudah rutin dilakukan oleh pengurus dan jamaah MTA setiap tiga bulan sekali di setiap Kecamatan, dan setahun sekali di tingkat Kabupaten. Kali pertama diselenggarakan tahun 1994 sampai tahun 2016. Grafinya cenderung mengalami kenaikan. Tahun pertama baru diikuti oleh 154 pendonor. Pada tahun 2012 mencapai 1709 pendonor. Pada tahun 2015 mencapai 1181 pendonor.

“Naik turunnya jumlah pendorong tergantung kondisi tensi dan kesehatan calon pendonor. Tidak semua pendaftar kita terima sebagai pendonor,” kata Suprianto.

Bisa jadi, tensi calon pendonor sedang sakit, terlalu rendah/tinggi tensinya. “Peserta yang kita tolak selalu ada, prosentasinya mencapai 1-2 persen,” tambah guru matematika PNS di SMPN 1 Eromoko ini.

Teknik pengambilan donor darah dilakukan oleh PMI Kabupaten Wonogiri yang bekerja sama dengan PMI Kabupaten/Kota se Soloraya. Hasil donor darah tersebut didistribusikan untuk UTD Cabang PMI di Kabupaten/Kota se Soloraya.

Selain donor darah, jamaah MTA selalu terlibat dalam kegiatan kemanusiaan. Seperti kerja bakti masal, penanggulangan korban/terdampak bencana alam bersama BPBD, TNI, dan Polri serta kelompok pemerhati sosial lainnya.

MTA Wonogiri juga sudah mempunyai 9 relawan kebencaan yang terlatih, dan mempunyai 250 Satgas yang selalu siap maju di garda terdepan kegiatan kemanusiaan. (baguss)

error: Content is protected !!