Dag-Dig-Dug Menunggu Hasil Ujian Kompetisi Guru

0 71

IMG-20160114-WA0123

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Pelaksanaan Uji Kopetensi Guru (UKG) yang digelar serentak beberapa waktu lalu menghembuskan kabar harum bagi peserta dari Wonogiri.

Walau hasil kongkrit secara resmi belum diterima, namun sudah ada kabar peserta dari Wonogiri ada yang mendapatkan nilai 5,8, lebih tinggi dari nilai standar nasional UKG 5,5.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri H Siswanto menjelaskan jumlah peserta UKG dari Wonogiri ada sekitar 11.200 guru. “Standar nasional yang ditentukan 5,5. Dari Wonogiri mencapai 5,8,” lata Siswanto Kamis (14/1) di kantor Diknas.

Sementara secara nasional raihan hasil UKG belum diketahui. Untuk tingkat Provinsi Jawa Tengah meriah rengking ke-2 setelah Jogjakarta dibawah DI Yogyakarta yang meriah rengking 1.

“Kabarnya data lengkap akan dikirim detail pertengahan Januari ini,” tambah Siswanto.

UKG diikuti tidak hanya oleh guru PNS, namun dari guru swasta (WB). Target dari UKG diharapkan guru dapat mengetahui peta kompetensi dalam penguasaan materi dan strategi belajar mengajar. Terutama pada bidang padegogik dan profesionalisme. Selama ini masih lemah dalam kaitan aplikasi pelaksanaan kegiatan mengajar terutama bagi guru generasi tua. Dengan pelaksanaan UKG, maka akan ketahuan siapa-siapa guru yang tidak memenuhi standar nilai kompetensi.

Apabila dalam UKG ada yang tidak memenui standar nilai 5,5 (tidal lulus), nantinya akan dilaksanakan diklat untuk mengejar kopetensinya. Itu aesuai MoU dengan Kementrian Pendidikan di Bandung beberapa waktu yang lalu, dengan dibiayai pemerintah daerah. (N 420-B-5)

error: Content is protected !!