RSAS Berani Maju Akreditasi Bukan Mencari Penghargaan

1 284

IMG-20151214-WA0000

INFOWONOGIRI.COM-SLOGOHIMO-Manajemen Rumah Sakit Amal Sehat (RSAS) Slogohimo Wonogiri memberanikan diri maju akreditasi ke pemerintah pusat. Pemerintah melalui KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) telah menurunkan tim pada 10 sd 12 Desember lalu untuk melakukan penilain sesuai UU No.44 Tahun 2009, pasal, 40 ayat 1.

Bawha dalam upaya peningkatan mutu pelayanan RS maka wajib dilakukan akreditasi secara berkala menimal 3 (tiga) tahun sekali. Akreditasi RS adalah suatu pengakuan yang diberikan oleh pemerintah kepada manajemen RS karena telah memenuhi standar yang ditetapkan.

Tujuan akreditasi RS adalah meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Masyarakat Indonesia kini semakin selektif dan berhak mendapatkan pelayanan bermutu. Dengan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan diharapkan dapat mengurangi minat masyarakat untuk berobat ke luar negeri.  RSAS sudah lulus Akreditasi pada 9 Desember 2011.

Saat penutupan penilaian akreditasi, Sabtu (12/12) tim dan jajaran managemen RSAS terharu, atas apresiasi Tim Surveior. “Selamat buat RSAS Wonogiri. Rumah sakit yang berada di daerah namun berkelas dan berkwalitas. Semoga semakin banyak yang bisa diberikan kebaikan,” kata tim surveyor ditirukan Imawan Haris Nursalim, Humas RSAS Slogohimo. Tim KARS yaitu dr. Mary S Maryam MHA. Phd (Ketua Tim), dr. Wibisono, Sp.S, Desak Nyoman Sithi SKp, MARS

Dijelaskan, visi RSAS adalah bertekad menjadikan RSAS yang bermutu, terjangkau dan menjadi pintu pembuka kebaikan bagi seluruh lapisan masyarakat. RSAS dirintis dari klinik kecil di sebuah rumah kecil di Dusun Koripan Desa/Kecamatan Slogohimo oleh dr. Rosyid Ridlo.

Pada 2006 membangun pengembangan Rawat Inap yang kemudian menjadi RSPMD di Ngerjopuro. Pada tahun 2008 menjadi RSU dengan ijin Tetap SK Menteri Kesehatan RI : HK.07.06/III/3394/2008.  “Didukung oleh 200 SDM dengan Dokter Umum/Spesialis ada 30 an orang,” kata Imawan.

Fasilitas RSAS sudah lengkap. Ada Laboratorium, Ronsen, USG, Ct. Scan, Bank Darah sendiri, ICU & PICU, Bedah Umum, Ortopedi/ Tulang, Kandungan dll. Juga melayani pasien BPJS/Askes dan Jasa Raharja. Meski demikian Direktur RSAS Slogohimo Wonogiri dr. Rosyid Ridlo, MMR tetap rendah hati.

“Tujuan RSAS maju akreditasi bukan untuk mendapatkan penghargaan sertifikat. Tetapi sebagai dasar pelayanan yang semakin bermutu, serta keselamatan pasien,” kata Rosyid Ridlo. Hal senada juga ditegaskan oleh Ketua Tim Akreditasi RSAS dr. Ismi Ratnasari. RSAS selalu berbenah untuk terus meningkatkan mutu pelayanan demi kenyamanan, ketenangan, keluarga pasien dan pengunjung.(N420/baguss)

error: Content is protected !!