Pilihan Ketua RW Laiknya Pilihan Bupati

0 44
ketiga Paslon (dari kiri) Hartono WS, Slamet Dwiyono dan Sihmanto.
ketiga Paslon (dari kiri) Hartono WS, Slamet Dwiyono dan Sihmanto.

INFOWONOGIRI.COM-SELOGIRI-Pemilihan Ketua RW 05 Dusun Brajan Desa Kaliancar Kecamatan Selogiri digelar Minggu (20/12) di halaman rumah Hartono, warga setempat.

Pemilihan Ketua RW ini laiknya pesta demokrasi pemilihan Bupati-Wakil Bupati. Dibentuk panitia pendaftaran bakal calon (balon), pendaftaran balon jauh sebelum pelaksanaan, pendaftaran bersyarat, seleksi balon, kampanye balon, penyampaian visi misi, pemungutan dan perhitungan surat suara, dan calon menyiapkan saksi-saksi.

Yang menarik, ketiga Calon diarak keliling kampung terlebih dahulu. Dengan tujuan, mengenalkan para calon kepada masyarakat sekaligus kampanye.
Ada tiga calon yaitu nomor urut satu Hartono WS, nomor dua Slamet Dwiyono dan nomor tiga Sihmanto.

Pluralisme pemilih yang berjumlah 405 terbilang cukup tinggi. Ini dapat dilihat dari latar belakang ketiga calon yang berbeda agama. Calon nomor 1 Kristen, kedua Hindu dan ketiga Islam. Jika calon sudah menjadi pengurus RT, RW, Koperasi, Takmir masjid maka harus mengundurkan diri. “Siapapun yang terpilih berhak menentukan susunan pengurus RW. Siapapun yang ditunjuk pengurus dilarang menolak,” Ketua Panitia Hartono SH.

Setiap warga yang telah berusia 17th dan atau telah menikah berhak mendapat satu undangan untuk menyoblos kertas suara dilengkapi foto calon dan nomor urut calon.

Hasilnya, calon nomor urut 1 Hartono WS meraih suara terbanyak yaitu 211 suara, maka dia berhak menjadi Ketua RW 05. Calon nomor dua 94 dan ketiga 191 suara. Surat suara rusak 5 lembar. (baguss)

error: Content is protected !!