Panwaslu Wonogiri Akhirnya Dilaporkan Juga ke DKPP

0 106
Amir Darmanto (tengah), anggota Komisi A DPRD Jateng menjembatani pertemuan tim Hamid-Wawan yang melaporkan Panwaslu Wonogiri ke DKPP, Jumat (4/12/2015) siang WIB.
Amir Darmanto (tengah), anggota Komisi A DPRD Jateng menjembatani pertemuan tim Hamid-Wawan yang melaporkan Panwaslu Wonogiri ke DKPP, Jumat (4/12/2015) siang WIB.

INFOWONOGIRI.COM-JATENG–Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Wonogiri telah dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) oleh tim sukses Paslon Bupati nomor urut 1, Hamid Noor Yasin-Wawan Setya Nugraha (Hamid-Wawan) melalui Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng Jumat (4/12) pukul 13.00 WIB di Semarang.

Menyikapi laporan itu Ketua Bawaslu Jateng Abhan Misbah mengatakan akan menindaklanjuti laporan terkait dugaan pelanggaran kode etik oleh komisioner Panwaslu Kabupaten Wonogiri itu, sesuai kewenangan dan akan meneruskan ke DKPP RI. “Nanti DKPP yang akan menilai apakah laporan tersebut memenuhi syarat formil dan materiil untuk pengaduan pelanggaran kode etik atau tidak,” ujarnya.

Sementara Anggota Komisi A DPRD Jawa Tengah, Amir Darmanto mengapresiasi pelaporan seluruh komisioner Panwaslu Kabupaten Wonogiri ke DKPP. Menurut Amir, netralitas penyelenggara Pemilukada menjadi acuan. Salah satunya Panwaslu. Jika Panwaslu tidak tegas, tidak netral, tidak jujur maka akan membahayakan demokrasi di Indonesia.

“Kami apresiasi pelaporan tesebut. Kami berharap ada tindakan tegas dari DKPP, Panwas memang memiliki keterbatasan tenaga, namun tidak bisa membiarkan pelanggaran Pilkada,” tandasnya. Asal tahu, tim Hamid-Wawan melalui kuasa hukumnya, Agus Surya Prayitno Otto dan Joko Widodo melaporkan Panwaslu Wonogiri langsung ke Ketua Bawaslu Jateng Abhan Misbah.

“Kami melaporkan komisioner Panwaslu Wonogiri terkait dugaan pelanggaran kode etik akibat ketidakprofesionalan mereka dalam melasanakan tugasnya,” ujar Agus melalui Joko Widodo. Pelaporan itu didasari adanya praktik politik uang pembagian sembako STMJ merk Dua Jari pada Jumat (27/11), sebelumnya dan sesudah hari itu. (baguss)

 

error: Content is protected !!