Kapolres Amankan 2,3 Ton Kertas dan 3 Saksi Terompet Sampul Al Quran

0 31

IMG-20151230-WA0052

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Kapolres Wonogiri Windro Akbar Panggabean mengemukakan, pihaknya telah mengamankan tiga orang yang terlibat dalam produksi dan distribusi kertas-kertas bahan terompet bersampul AL Quran.

Yaitu berinisial JW (Joko Wiyono) perajin terompet asal Desa Nadi Kecamatan Bulukerto, G (Gendon) pengusaha (pedagang kertas) dari Demak, dan berinisial K pemilik CV inisial H. Juga megamankan 2,3 Ton kertas sampul Al Quran dan lainnya.

“Kita amankan tiga orang dan 2,3 ton barang bukti. Kami masih melakukan penyelidikan. Kami akan bekerja sesuai hukum. Soal apakah itu penistaan agama atau penodaan agama, adalah menjadi wewenang Kementrian Agama,” kata Kapolres.

Dijelaskan, barang bukti 2,3 ton disita dari JW di Desa Nadi Bulukerto Wonogiri. JW mendapatkan barang itu dapat dari G pengusaha di Gading Solo. G mendapatkan barang dari K pengusaha di Demak. G tidak hanya menjual kepada JW, tetapi juga ke banyak perajin terompet di Desa Nadi Bulukerto. “Semua muaranya dari G,” tandas Kapolres.

Para perajin terompet di Bulukerto sudah menggunakan 700 Kg kertas sampul mushaf Al Quran untuk memproduksi terompet. Menurutnya terompet tersebut sudah beredar se Jawa Tengah, bahkan se Nusantara.

Di dalam sampul Al Quran itu tertuliskan Arab berbunyi Al Quranul Karim. Terdapat tulisan Kementrian Agama th 2013. Kaligrafi di sulam. “Jadi betul ini memang meresahkan,” tandas Kapolres karena itu Kapolres terus mengkordinasikan dengan Kapolda dan Kapolri.

Langkah antisipatifnya, adalah pihaknya telah menyita seluruh barang bukti yang beredar maupun yang masih di perajin terompet. Polres juga langsung menyikapi agar tidak menimbulkan hal yang tidak kita inginkan, dan menghimbau perajin agar tidak membeli bahan baku yang murah. (baguss)

error: Content is protected !!